Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81414
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nanik Yuliati | - |
dc.contributor.advisor | Misno A. Lathif | - |
dc.contributor.author | Suryani, Elis | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-23T08:52:39Z | - |
dc.date.available | 2017-08-23T08:52:39Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-23 | - |
dc.identifier.nim | 130210205011 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81414 | - |
dc.description.abstract | Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang diarahkan pada pengembangan konsep bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember diketahui bahwa kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri masih rendah. Sebanyak 52,95% dari 17 anak terdapat 9 anak memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri masih kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif guru masih terfokus pada kegiatan tanya jawab dan pemberian tugas yang ada pada lembar kerja anak (LKA) dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri, sehingga sebagian anak merasa bosan dan kurang memperhatikan guru karena media yng digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough dalam pembelajaran mengenal bentuk-bentuk geometri. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi berbantuan media palydough dalam pembelajaran mengenal bentuk-bentuk geometri dan bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri melalui metode demonstrasi berbantuan media playdough di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri dengan menerapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough pada pembelajaran mengenal bentuk geometri di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Darun Najah Kecamatan patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Proses penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I guru menjelaskan cara membuat bentuk geometri menggunakan playdough kemudian meminta anak untuk membuat bentuk geometri seperti yang dicontohkan guru, guru meminta anak untuk mengelompokkan bentuk geometri dari playdough yang dibentuk berdasarkan bentuknya pada lembar kerja anak, guru meminta anak menunjukkan dan menyebutkan nama bentuk geometri pada gambar di papan. Siklus II guru menjelaskan tugas anak secara berulang-ulang dan memberikan penekanan pada kalimat/kata-kata penting, guru meminta anak menunjukkan dan menyebutkan nama bentuk geometri yang dibuat anak menggunakan media playdough, guru meminta anak untuk mengelompokkan bentuk geometri sesuai bentuknya dengan cara belajar sambil bermain adu cepat bersama teman, guru memberikan penguatan baik secara verbal maupun non verbal kepada anak agar anak lebih termotivasi, guru memberikan tugas pengamanan. Peningkatan kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui metode demonstrasi berbantuan media playdough diketahui nilai rata-rata belajar anak pada prasiklus 59,56 menjadi 69,12 pada siklus I dan 88,97 pada siklus II. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri di TK Darun Najah. Saran yang berkaitan dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough yaitu sebagai bahan masukan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri, supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | GEOMETRI | en_US |
dc.subject | PLAYDOUGH | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A1 DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PLAYDOUGH DI TK DARUN NAJAH KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Elis Suryani - 130210205011_1.pdf | 1.88 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools