Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81379
Title: PENINGKATAN PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DI TK SISWA BUDHI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Nanik Yuliati
Syarifuddin
Agustin, Eka Diah
Keywords: Kosa Kata
BAHASA INGGRIS
FLASH CARD
Issue Date: 22-Aug-2017
Abstract: Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran muatan lokal yang sangat penting untuk diajarkan pada anak usia dini. Hal ini tercantum pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993 (Suyanto, 2010:2). Pembelajaran bahasa Inggris juga dilakukan di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Namun, kemampuan anak dalam mengenal kosa kata bahasa Inggris pada kelompok B1 masih kurang, dari 8 terdapat 6 anak yang belum mampu mengucapkan dan menyebutkan kosa kata bahasa Inggris dengan tepat. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran bahasa Inggris masih kurang efektif, guru hanya menggunakan metode ceramah dan buku LKS tanpa disertai dengan penggunaan media yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media flash card agar hasil belajar pengenalan kosa kata bahasa Inggris pada kelompok B1 dapat meningkat. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris pada kelompok B1 TK Siswa Budhi, Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris setelah diterapkan metode demonstrasi berbantuan media flash card pada siswa kelompok B1 TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris pada kelompok B1 TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; dan meningkatkan kemampuan anak kelompok B1 dalam mengenal kosa kata bahasa Inggris setelah diterapkannya metode demonstrasi berbantuan media flash card di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Hopskin yang setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode demonstrasi berbantuan media flash card dalam pembelajaran mengenal kosa kata bahasa Inggris dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang berkaitan dengan indikator penilaian pada siklus I yaitu beberapa anak belum dapat bertindak sesuai dengan perintah, belum bisa mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan tepat dan ada pula yang belum bisa menyebutkan kosa kata bahasa Inggris. permasalahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II dengan cara menambahkan mainan alat kedokteran yang sesuai pada tema hari itu, sehingga anak dapat bermain dengan mempraktekkan alat- alat tersebut sekaligus anak menyebutkan dan mengucapkan kosa kata bahasa Inggrisnya. Peningkatan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B1 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 57,5% menjadi 60,4% pada siklus I dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media flash card dapat meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B1 TK Siswa Budhi. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya menggunakan metode demonstrasi berbantuan media flash card dengan menambahkan alat permaianan seperti mainan alat kedokteran, selain itu guru harus dapat menciptakan susana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar anak lebih giat dalam belajar
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81379
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Diah Agustin - 130210205084_1.pdf3.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools