Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81334
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Singgih Bektiarso | |
dc.contributor.advisor | Agustiningsih | |
dc.contributor.author | DYAH, Aini Purbarani | |
dc.date.accessioned | 2017-08-21T02:42:10Z | |
dc.date.available | 2017-08-21T02:42:10Z | |
dc.date.issued | 2017-08-21 | |
dc.identifier.nim | 120210204074 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81334 | |
dc.description.abstract | Latar belakang dari penelitian ini mengacu pada tujuan pendidikan di Indonesia yang bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan. Pembelajaran IPA di SD dapat dikatakan berhasil apabila semua tujuan pembelajaran dapat tercapai, yang dapat dibuktikan dengan baiknya hasil balajar siswa. Namun, dalam kenyataannya masih ada beberapa sekolah yang memiliki hasil belajar IPA yang rendah karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan. Berdasar hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru mata pelajaran IPA di SDN Sumbersari 02, metode yang digunakan guru selama pembelajaran IPA berlangsung adalah ceramah dan penugasan. Selain itu guru hanya menggunakan buku teks saja dan media gambar, sebagian siswa kurang antusias selama proses pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 02 Jember rendah. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti mencoba untuk menerapkan media video guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah berdasarkan latar belakang yaitu: a) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017 melalui penerapan media video pada Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Hewan Dengan Lingkungan Tertentu; b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017 melalui penerapan media video pada Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Hewan Dengan Lingkungan Tertentu. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini menerapkan media video pada pokok bahasan penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Persentase motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu siklus I menunjukkan 63,2 %. Persentase tersebut masih tergolong kategori cukup, sehingga peneliti berusaha menaikkannya pada siklus selanjutnya. Siklus II persentase motivasi belajar mengalami peningkatan menjadi 84,1 %. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28,38%. Sedang hasil belajar pada siklus I sebesar 64,71%. Presentase tersebut masih tergolong dalam kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai refleksi untuk kegiatan siklus II. Hasilnya, pada siklus II mendapatkan hasil yang signifikan. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 88,24%. Nilai tersebut sudah masuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 9,03%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: a) Motivasi belajar siswa secara klasikal siswa kelas V SDN Sumbersari 02 Jember tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Penyesuaian Diri Hewan Dengan Lingkungan Tertentu dapat dilihat dari siklus I motivasi belajar siswa secara klasikal cukup dengan persentase 63,2%. Kemudian siklus II motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase 84,1% dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28,38%. b) Hasil belajar siswa secara klasikal siswa kelas V SDN Sumbersari 02 Jember tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Penyesuaian Diri Hewan Dengan Lingkungan Tertentu pada siklus I naik menjadi 64,71% dan pada siklus II naik menjadi 88,24% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 9,03%. Terdapat saran bagi guru, dan bagi peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya guna kemajuan pendidikan di Indonesia. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | MEDIA VIDEO | en_US |
dc.subject | PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU | en_US |
dc.subject | MOTIVASI | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.title | Penerapan Medis Video Pada Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Hewan Dengan Lingkungan Tertentu Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DYAH AINI PURBARANI_1.pdf | 25.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools