Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81326
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhutobah-
dc.contributor.advisorMisno A. Lathif-
dc.contributor.authorDwi Agustin-
dc.date.accessioned2017-08-21T01:39:59Z-
dc.date.available2017-08-21T01:39:59Z-
dc.date.issued2017-08-21-
dc.identifier.nim130210205067-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81326-
dc.description.abstractMembaca merupakan salah satu bentuk keterampilan bahasa yang penting dikembangkan untuk anak usia dini. Tahap awal membaca pada anak usia dini disebut membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini perlu dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang ada dalam Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dalam aspek bahasa yaitu memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember diketahui bahwa dari 21 terdapat 14 anak yang kemampuan membaca permulaannya masih belum berkembang dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui melalui banyak kesalahan dalam menyebutkan dan menunjukkan lambang bunyi huruf yang ditunjukkan kepada anak. Penyebab belum berkembangnya kemampuan membaca permulaan anak yaitu media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan tidak menggunakan benda konkret atau gambar sesuai tema sehingga kurang menarik perhatian anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adaah: (1) bagaimanakah penerapan media stiker alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017?; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 melalui media stiker alfabet di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendreskripsikan penerapan media stiker alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan anak kelompok B2 dalam membaca permulaan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember. Subjek penelitan ini yaitu anak kelompok B2 yang berjumlah 21 anak, terdiri atas 7 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian dari Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penerapan media stiker alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang berkaitan dengan indikator penilaian pada siklus I yaitu sebagian besar anak menyebutkan lambang bunyi huruf masih menggunakan lagu sehingga anak cenderung hafal dengan urutannya namun tidak mengetahui lambang bunyi hurufnya. Permasalahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II dengan cara menunjukkan stiker alfabet secara acak tanpa lagu kemudian anak menyebutkan lambang bunyi huruf yang ditunjukkan kepada anak secara acak. Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,33, siklus I 70,23 dan siklus II meningkat menjadi 82,14. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya mempertimbangkan cara yang tepat untuk anak menghafal lambang bunyi huruf sehingga anak dapat menyebutkan dan menunjukkan lambang bunyi huruf dengan benar meskipun tidak diurutkan, selain itu guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan utamanya dalam pembelajaran membaca permulaan. Sekolah hendaknya memfasilitasi media penunjang yang dibutuhkan untuk menarik perhatian dan minat belajar anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.subjectMedia Stiker Alfabeten_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B2 MELALUI MEDIA STIKER ALFABET DI TK DHARMA INDRIA II SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Agustin_1.pdf4.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools