Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81314
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Suhartiningsih | - |
dc.contributor.advisor | Satrijono, Hari | - |
dc.contributor.author | Junizal, Mukharlis | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-18T03:38:29Z | - |
dc.date.available | 2017-08-18T03:38:29Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-18 | - |
dc.identifier.nim | 9402104059 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81314 | - |
dc.description.abstract | Adanya ciri khas pada bentuk dan makna sinonim, homonim serta peranan sinonirn dan homonim dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia membuat ketertarikan penulis untuk menelitinya. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah. (1) bagaimanakah kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim, (2) bagaimanakah kemampuan siswa memahami bentuk sinonim dan homonim, (3) bagaimanakah kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripstkan: (1) kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim dalam kalimat bahasa Indonesia, (2) kemampuan siswa memahami bentuk sinonim dan homonim dalam kalimat bahasa Indonesia, (3) kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dalam penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling yang akhirnya menetapkan SLTP 7 Jernber sebagal lokasi penelitian. Responden responden diambil 18 siswa dari 179 jumlah siswa kelas II, penentuan responden menggunakan teknik proposional random sampling dengan cara undian. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan dilengkapl dengan observasi. Analisis data menggunakan cara dipersentasekan. Hasil analisis data mengenai kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim adalah 89,4% yang berarti kemampuan siswa baik, kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim adalah 83,3% yang berarti kemampuan siswa baik, kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia adalah 88,3% yang berarti kemampuan siswa baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kemampuan Siswa SLTP 7 Jember | en_US |
dc.subject | Makna | en_US |
dc.subject | Bentuk Sinonim | en_US |
dc.subject | Homonim | en_US |
dc.subject | Kalimat Bahasa Indonesia | en_US |
dc.title | Kemampuan Siswa Kelas II SLTP 7 Jember Memahami Makna dan Bentuk Sinonim serta Homonim dalam Kalimat Bahasa Indonesia | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mukharus Junizal 9402104059.pdf | 4.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools