Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81314
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.advisorSatrijono, Hari-
dc.contributor.authorJunizal, Mukharlis-
dc.date.accessioned2017-08-18T03:38:29Z-
dc.date.available2017-08-18T03:38:29Z-
dc.date.issued2017-08-18-
dc.identifier.nim9402104059-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81314-
dc.description.abstractAdanya ciri khas pada bentuk dan makna sinonim, homonim serta peranan sinonirn dan homonim dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia membuat ketertarikan penulis untuk menelitinya. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah. (1) bagaimanakah kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim, (2) bagaimanakah kemampuan siswa memahami bentuk sinonim dan homonim, (3) bagaimanakah kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripstkan: (1) kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim dalam kalimat bahasa Indonesia, (2) kemampuan siswa memahami bentuk sinonim dan homonim dalam kalimat bahasa Indonesia, (3) kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dalam penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling yang akhirnya menetapkan SLTP 7 Jernber sebagal lokasi penelitian. Responden responden diambil 18 siswa dari 179 jumlah siswa kelas II, penentuan responden menggunakan teknik proposional random sampling dengan cara undian. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan dilengkapl dengan observasi. Analisis data menggunakan cara dipersentasekan. Hasil analisis data mengenai kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim adalah 89,4% yang berarti kemampuan siswa baik, kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim adalah 83,3% yang berarti kemampuan siswa baik, kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia adalah 88,3% yang berarti kemampuan siswa baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKemampuan Siswa SLTP 7 Jemberen_US
dc.subjectMaknaen_US
dc.subjectBentuk Sinonimen_US
dc.subjectHomonimen_US
dc.subjectKalimat Bahasa Indonesiaen_US
dc.titleKemampuan Siswa Kelas II SLTP 7 Jember Memahami Makna dan Bentuk Sinonim serta Homonim dalam Kalimat Bahasa Indonesiaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mukharus Junizal 9402104059.pdf4.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools