Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81311
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorM. Sulthon Masyhud-
dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriyah-
dc.contributor.authorRahmiwati, Dita-
dc.date.accessioned2017-08-18T03:02:50Z-
dc.date.available2017-08-18T03:02:50Z-
dc.date.issued2017-08-18-
dc.identifier.nim130210204127-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81311-
dc.description.abstractHasil wawancara di lapangan pembelajaran IPS masih di dominasi oleh guru dalam bentuk metode yang berupa ceramah, penugasan dan diskusi kelompok saja. Hasil dokumen yang didapatkan pada hari Jumat tanggal 11 Januari 2017 menunjukkan bahwa masih banyak nilai siswa yang belum memenuhi KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: “Apakah penerapan metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017? ”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA dan VB dengan jumlah siswa kelas VA sebanyak 43 siswa dan kelas VB sebanyak 45 siswa, setelah dilakukan uji homogenitas dan pengundian ditentukan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Perlakuan (treatment) dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 Jember pada tanggal 5 Mei 2017 dan 6 Mei 2017 untuk kelas eksperimen, serta 12 Mei 2017 dan 13 Mei 2017 untuk kelas kontrol. Pada penelitian ini, kelas VB sebagai kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran role playing dan pembelajaran kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Materi yang dikaji dalam penelitian ini adalah peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode role playing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa se kitar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis t hitung > t tabel (4,130 > 1,980) sehingga Ha diterima. Dilakukan penghitungan keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode pembelajaran role playing bila dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penghitungan ER diperoleh hasil 36,52 % dengan tingkat keefektifan sedang. Saran yang perlu dipertimbangkan dengan adanya penerapan metode pembelajaran role playing diharapkan dapat menjadi masukan dalam memperbaiki peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan meningkatkan hasil belajar siswa. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan yang lebih baik lagi dari penerapan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran atau materi pembelajaran yang lainen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRole Playingen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dita Rahmiwati_1.pdf6.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools