Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81211
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSusanto, Susanto-
dc.date.accessioned2017-08-15T05:19:07Z-
dc.date.available2017-08-15T05:19:07Z-
dc.date.issued2017-08-15-
dc.identifier.isbn978-602-449-023-2-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81211-
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016en_US
dc.description.abstractMahasiswa Pendidikan Matematika perlu mengetahui dan memahami bagaimana membuktikan teorema berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya baik berupa pengertian pangkal (undefined), postulat, definisi, mengkonstruksi, dan teorema yang dipilih untuk membuktikan teorema berikutnya. Kaitannya dengan pembuktian teorema ini, dosen perlu mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang telah dilakukan mahasiswa, termasuk kesalahan yang dilakukan dalam membuktikan teorema. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memberikan beberapa teorema untuk dibuktikan mahasiswa, kemudian langkah yang mereka lalui dalam membuktikan teorema tersebut dapat diketahui dengan menggunakan metode think aloud. Hasil analisis mengungkapkan beberapa kesalahan: (1) Mahasiswa masih terpengaruh pengalaman belajar geometri yang telah lalu dan sudah terekam dalam pikirannya yang ternyata tidak cocok dengan struktur geometri yang sedang dipelajari. (2) Mahasiswa masih bingung dalam mengaitkan pengertian pangkal (undefined), postulat, definisi, konstruksi dan teorema, sehingga masih belum sistematis menggunakannya. (3) Mahasiswa kurang memiliki kerangka berpikir yang benar dalam membuktikan teorema. (4) Mahasiswa kurang kreatif dalam membuktikan teorema, sehingga tidak ada ide untuk pembuktian teorema pada langkah selanjutnya. Fleksibilitas berpikir mahasiswa yang konsisten dan koheren dalam satu struktur geometri dengan struktur geometri yang lain belum tampak; proses akomodasi dalam pemikiran internal mahasiswa belum berjalan. Mahasiswa tidak menuliskan teorema, tetapi menuliskan penjelasan untuk mendapatkan gambar sebagai bukti; kesalahan ini lebih pada aspek teknis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectthink alouden_US
dc.subjectidentifikasi kesalahanen_US
dc.subjectteorema kesebangunanen_US
dc.titleMENGIDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA-TEOREMA KESEBANGUNAN SEGITIGA DENGAN METODE THINK ALOADen_US
dc.typeProsidingen_US
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Prosiding_Susanto_Mengidentifikasi Kesalahan.pdf1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.