Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81132
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PADA PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO) (Studi kasus untuk kapal - kapal reparasi)
Authors: PRIHATINI, Dewi
SULARSO, Andy
DEWANTO, Bambang Kris
Keywords: KEPUASAN PELANGGAN
Issue Date: 14-Aug-2017
Series/Report no.: 990820101264;
Abstract: Langkah globalisasi semakin mendekat, dimana era perdagangan bebas akan diberlakukan dengan adanya AFTA (Ase.:;, Free Trade Association). Kompleksitas kegiatan usaha semakin kompleks membuat pelaku ekonomi mau tidak mau harus mempersiapkan diri untuk menghadapi pesaing-pesaing, baik pesaing lokal maupun mancanegara. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah dengan semakin menurunnya jumlah kapal yang direparasi di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) membuat posisi PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) menjadi terancam, dikarenakan semakin banyaknya pesaing-pesaing bisnis kapal yang bermunculan, membuat perusahaan untuk segera menginovasi strategi yang telah ada. Tujuan penelitian in i adalah untuk mengetahui posisi kekuatan, kelamahan, peluang dan ancaman yang ada serta strategi bagaimana yang hams diterapkan perusahaan (bidang marketing) guna mengatasi jumlah reparasi kapal yang semakin menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey atas beberapa perusahaan galangan kapal di Indonesia, baik galangan kapal yang memiliki segmen pasar kelas menengah dan atas. Alat analisis yang digunakan adalah pembobotan dan analisis SWOT. Pada pembobotan akan dilakukan pengklarifikasian dan pra analisis yang meliputi factor eksternal , factor internal dan profil kompetitif, kemudian baru dilakukan analisis dengan SWOT (strength, Weaknesses, Opportunities, Treaths). Hasil pembahasan menunjukan bahwa matrik faktor strategi internal dan matrik faktor strategi eksternal menunjukan perbandingan 2,93 dibanding dengan 2,65 berarti bahwa posisi perusahaan terletak pada kuadran II, dimana perusahaan mempunyai daya saing yang cukup kuat dan peluang yang cukup besar. Dari hasil pembahasan tersebut dapat'diambil kesimpulan bahwa PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) memiliki daya saing yang cukup kuat dan peluang yang cukup besar serta strategi yang diterapkan adalah strategi integrasi horizontal yaitu dengan melakukan suatu kegiatan untuk memperluas perusahaan dengan cara membangun atau ekspansi dilokasi lain (relokasi), juga dengan akuisisi atau joint venture dengan perusahaan lain industri yang sama dengan tujuan untuk perluasan pasar, fasilitas pendukung dan teknologi serta pengembangan internal maupun eksternal. Dengan perluasan ini diharapkan ada peningkatan bobot kapal yang dibangun dari ukuran 10.000 dwt menjadi 20.000 dwt. Disamping itu terbukanya pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk kapal-kapal feeder service dan ocean going merupakan pangsa pasar reparasi. Kinerja perusahaan harus ditunjang., dengan pengembangan sumberdaya manusia, gaya manajemen modern, pemasaran agresif, layanan/kepuasan pelanggan, pengembangan fasilitas pendukung, mengoptimalkan quality control. Untuk layanan kepuasan pelanggan sebaiknya ditangani oleh satu departemen khusus untuk melayani keluhan pelanggan dan melakukan strategi-strategi bagi kepuasan pelanggan yaitu departemen pemasaran, hal ini penting karena dunia akan semakin buyer market, konsumen adalah raja, apapun yang kita lakukan hams memberikan serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81132
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Bambang Kris Dewanto 990820101264_.pdf20.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.