Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81044
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRahayu-
dc.contributor.advisorZahroul F, Chumi-
dc.contributor.authorHalidayanti, Intan Nur-
dc.date.accessioned2017-08-11T03:34:58Z-
dc.date.available2017-08-11T03:34:58Z-
dc.date.issued2017-08-11-
dc.identifier.nimNIM130210204123-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81044-
dc.description.abstractIPS di sekolah dasar mempelajari tentang semua aspek kehidupan manusia dan juga interaksi dalam masyarakat. Siswa harus melibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Siswa tidak sekedar mengamati tetapi harus menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan dan bertanggung jawab terhadap hasil yang dipelajari. Proses pembelajaran IPS kelas IV di SDN Bintoro 02 Jember menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang masih kurang, dan metode yang digunakan masih metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Penggunaan media pembelajaran juga belum terlaksana dengan baik. Siswa cenderung pasif, siswa hanya hanya duduk dengan mendengarkan penjelasan guru dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan penugasan. Pada saat dilaksanakaanya pembelajaran ada beberapa siswa yang tidak memperhatiakn penjelasan guru tetapi malah berbincangbincang dengan teman sebangkunya. Permasalahan inilah yang menyebabkan aktivitas belajar siswa masih tergolong kategori cukup aktif dan hasil belajar yang tergolong kategori kurang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperoleh rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam di SDN Bintoro 02, Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui pembelajaran model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di SDN Bintoro 02 Jember pada semester genapa tahun ajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bintoro 02 Jember tahun ajaran 2016/2017. Jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 16 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada mata pelajaran IPS meningkat yaitu pada prasiklus dari 45% (cukup aktif) menjadi 68% (aktif) meningkat sebesar 23% pada siklus I, dan siklus II meningkat sebesar 13,3 % dari 68% (aktif) menjadi 81,3% (sangat aktif). Nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal juga meningkat yaitu prasiklus dari 62,6 (kurang baik), meningkat 10,4 sehingga menjadi 73 (baik) pada siklus I, dan siklus II meningkat sebesar 11,2 dari 73 (baik) menjadi 84,2 (sangat baik). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pokok bahsan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV di SDN Bintoro 02 Jember. Saran bagi guru kelas, yaitu pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi peneliti lain, dapat dijadikan referensi bacaan untuk nantinya bisa dikembangkan dalam penelitian selanjutnya khusunya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204123;-
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectPelajaran IPSen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Bintoro 02, Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Intan Nur Halidayanti - 130210204123.pdf3.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools