Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80846
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN JEMBER LOR 02
Authors: Muchtar, Imam
Hutama., Fajar Surya
Nisa’, Muhimmatun
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TWO STAY TWO STRAY (TSTS)
MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS)
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 4-Aug-2017
Abstract: Proses pembelajaran di SDN Jember Lor 02 dalam menerapkan pendekatan scientific masih belum optimal pada tahap mengamati, mengasosiasi/ menalar, dan mengumpulkan informasi serta penggunaan model dan media pembelajaran kurang bervariasi, disamping itu siswa sulit memahami materi dan tugas yang telah diberikan. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TSTS berbantuan media TTS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B tema indahnya negeriku di SDN Jember Lor 02?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS pada tema indahnya negeriku di SDN Jember Lor 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS berjalan dengan lancar, sesuai dengan RPP yang telah disusun. Siswa menjadi lebih termotivasi dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus 35,3% dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I meningkat menjadi 62,2% dengan kriteria cukup aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 86,3% dengan kriteria sangat aktif. Ranah afektif, kognitif, dan psikomotor siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ranah afektif siswa prasiklus sebesar 51,9 dengan kriteria kurang, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 60 dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus II juga meningkat menjadi 79,8 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa dalam prasiklus sebesar 62 dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 70 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 81,3 dengan kriteria sangat baik. Aspek psikomotor siswa pada prasiklus sebesar 67,6 dengan kriteria cukup, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,1 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 80 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Jember Lor 02. Saran bagi guru apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan TTS yaitu saat menjelaskan materi pelajaran harus lebih menarik, sebelum menerapkan pembelajaran harus mengorganisasikan siswa dalam kelompok secara heterogen, dan bertindak lebih tegas apabila ada kelompok yang tidak bertamu ke kelompok lain, Soal TTS yang dibuat tidak terlalu banyak. Bagi peneliti, penerapan model pembelajaran dapat dipadukan dengan media, dan sebaiknya media yang digunakan lebih bervariasi dan lebih menarik. Bagi peneliti lain, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS sebagai sumber rujukan penelitian selanjutnya dengan tema dan kelas yang berbeda.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80846
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhimmatun Nisa’ - 130210204090.pdf7.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools