Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80831
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE JARIMATIKA DI TK PLUS AL-HUJAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Khutobah
Yuliati, Nanik
SOLEHA, ILMIA WARDHATUS
Keywords: Kemampuan Berhitung Anak
Metode Jarimatika
TK Plus Al-Hujjah Jember
Issue Date: 4-Aug-2017
Abstract: Kognitif adalah salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika seperti berhitung, membuat urutan bilangan, penjumlahan dan pengurangan. Matematika pada anak dapat diajarkan dengan berbagai metode, seperti metode jarimatika yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2016 pada anak kelompok B1 dan wawancara dengan guru kelompok B1 TK Plus Al-Hujjah jember ditemukan bahwa dari 26 anak hanya 9 anak yang mampu berhitung dengan baik, sedangkan 17 anak masih belum memiliki kemampuan berhitung dengan baik. Penyebab yang mendasari kemampuan berhitung anak belum berkembang secara optimal adalah kegiatan pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Pada saat pembelajaran berlangsung guru masih terfokus pada pemberian tugas yang ada di majalah atau lembar kerja anak, dan sedikit melakukan tanya jawab. Anak sering mengeluh ketika guru memberikan tugas. Perlu adanya variasi penggunaan pembelajaran yang lain yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Oleh karena itu, diadakannya penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B1 di TK Plus Al-Hujjah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Plus Al-Hujjah Jember tahun pelajaran 2016/2017?; (2) bagaimanakah peningkatana kemampuan berhitung anak kelompok B1 melalui metode jarimatika di TK Plus Al-Hujjah Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini dilakukan di TK Plus Al-Hujjah Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 26 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Setiap siklus tediri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 di TK Plus Al-Hujjah dilaksanakan dalam dua siklus tiga kali pertemuan. Siklus pertama dilakukan dengan guru menjelaskan dan mendemonstrasikan penambahan dan pengurangan 1-10 serta mendemonstrasikan cara membilang 1-20 menggunakan jarimatika. Kemudian guru meminta anak untuk mendemonstrasikan metode jarimatika dalam membilang, penambahan serta pengurangan. Siklus II pertemuan ke 1 dilaksanakan untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi pada siklus I. Penambahan dan pengurangan pada siklus II dibantu oleh media berupa beberapa gambar yang ditempel dipapan. Sedangkan untuk pelaksanaan siklus II pertemuan ke 2 hampir sama dengan pertemuan 1 hanya saja pada siklus II pertemuan ke 2 lebih memfokuskan pada penjumlahan dan pengurangan menggunakan jarimatika. Peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B1 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 62,30, siklus I 72,30, siklus II pertemuan ke 1 80, dan siklus II pertemuan ke 2 90,38. Saran yang dapat disampaikan adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak guru bisa menggunakan beberapa metode salah satunya metode jarimatika, kapala sekolah hendaknya menyarankan pada guru untuk menggunakan metode jarimatika dalam pembelajaran berhitung, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam melakukan penelitian sejenis.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80831
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ILMIA WARDHATUS SOLEHA - 130210205046.pdf3.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools