Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80819
Title: PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA ANAK KELOMPOK B2 MELALUI METODE DEMONSTRASI MENCETAK DENGAN BAHAN ALAM DI RA PERWANIDA I SRONO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Khutobah
Lathif, Misno A.
SOFA, IHDA AMELIA
Keywords: Kreativitas Seni Rupa Anak
Metode Demonstrasi Mencetak
Bahan Alam
Issue Date: 4-Aug-2017
Abstract: Salah satu aspek yang dapat dikembangkan yaitu seni. Melalui seni seorang anak akan memiliki pengalaman, pengetahuan serta keterampilan untuk berimajinasi, aktif, kreatif sebagai proses belajar mereka. Salah satu kegiatan berkesenian yang paling disukai anak-anak adalah menggambar. Namun melalui seni anak tidak dibentuk untuk menjadi seorang seniman, namun bagaimana seorang anak mampu memecahkan masalah lewat bahasa rupa. Anak dituntun untuk memiliki kreativitas agar bahasa rupa yang diciptakan bisa lain daripada yang lain. Berdasarkan hasil observasi di RA PERWANIDA I Srono kelompok B2 dilihat dari indikator tingkat pencapaian perkembangan yang didapat dari data hasil unjuk kerja anak dalam bidang keterampilan melalui kegiatan kolase, kreativitas anak masih rendah atau masih dalam kategori mulai berkembang. Beberapa aspek yang belum berkembang, diantaranya aspek kelancaran, keaslian, keuletan. Artinya dari 14 anak 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dalam satu kelas, terdapat 2 anak kreativitasnya baik dan 12 anak kategori kreativitasnya masih kurang. Untuk itu harus ada variasi kegiatan untuk meningkatkan kreativitas agar berkembang dengan baik dan tidak diabaikan. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan mencetak dengan bahan alam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka ruusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi mencetak dengan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas seni rupa anak kelompok B2 RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kreativitas seni rupa anak kelompok B2 melalui metode demonstrasi mencetak dengan bahan alam di RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi mencetak dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak kelompok B2 RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kreativitas seni rupa anak kelompok B2 melalui metode demonstrasi mencetak dengan bahan alam di RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di RA PERWANIDA I Srono Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 14 anak, terbagi atas 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Suharsimi Arikunto. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tatap muka dan siklus II terdiri dari satu kali tatap muka. Settiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpul data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan siklus I dilakukan dengan cara guru mendemonstrasikan kegiatan mencetak mulai dari pengenalan warna sampai bagaimana cara menggunakan alat cetak supaya bisa membuat bentuk yang bagus. Pelaksanaan siklus II hampir sama dengan siklus I, akan tetapi ada perbaikan dari perencanaan dan perlakukan di dalam kelas dari siklus I. Peningkatan kreativitas anak kelompok B2 RA PERWANIDA I Srono tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 51,79, siklus I PI 59,54, siklus I PII 72,85, siklus II 81,92. Saran yang disampaikan yaitu guru hendaknya mengembangkan kreativitas lebih lanjut dengan kegiatan lain yang juga bermakna bagi anak. serta hendaknya kepala sekolah memotivasi dan memberikan fasilitas untuk menunjang pengembangan kreativitas. Bagi peniliti lain hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian sejenis.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80819
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IHDA AMELIA SOFA - 130210205066.pdf2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools