Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80805
Title: | MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A2 MENGENAL ABJAD MELALUI PERMAINAN MEMANCING HURUF DI TK ABA III AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 |
Authors: | Khutobah Lathif, Misno A ROHUL W, HENDRO TRY |
Keywords: | KEMAMPUAN ANAK MENGENAL ABJAD PERMAINAN MEMANCING HURUF HURUF DI TK ABA III AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER |
Issue Date: | 4-Aug-2017 |
Abstract: | Bahasa merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Kemampuan mengenal abjad menjadi tahap awal pada anak dalam keterampilan berbahasa. Proses anak mengenal abjad berkaitan dengan kemampuan anak memahami dan mengenali konsep bentuk dan bunyi huruf. Mengenalkan abjad pada anak dapat dikenalkan melalui permainan, seperti permainan memancing huruf yang dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal abjad. Berdasarkan hasil observasi dari 15 anak, terdapat 3 anak kemampuan mengenal abjad baik dan 12 anak kemampuan mengenal abjad masih belum baik. Kemampuan beberapa anak mengenal huruf n sampai z kurang baik. Selain itu terdapat beberapa anak masih tidak bisa membedakan bunyi huruf sama ataupun bentuk huruf hampir sama. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kemampuan mengenal abjad melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan, serta kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam bentuk kelompok besar maupun kecil. Kegiatan yang dimaksud adalah permainan memancing huruf. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan permainan memancing huruf dalam meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad melalui permainan memancing huruf di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan permainan memancing huruf untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad melalui permainan memancing huruf di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang berjumlah 15 anak, terbagi atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penerapan permainan memancing huruf untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang berkaitan dengan anak belum mampu membedakan huruf yang memiliki lambang dan bunyi sama, serta konsentrasi anak ketika kegiatan pembelajaran masih kurang. Permasalahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Perancanaan pelaksanaan siklus II ditambah dari perbaikan pada siklus I yaitu dengan cara setiap anak memegang satu alat pancing, lalu huruf yang akan dipancing hanya huruf b, d, p, q, c, e, m, n, f, v, y, z. Peningkatan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad di TK ABA III Ampel tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 48%, siklus I 64,99%, dan siklus II meningkat menjadi 74,66%. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru hendaknya menggunakan permainan memancing huruf dalam proses pembelajaran mengenal huruf. Kepala sekolah menyarankan untuk para guru menggunakan permainan memancing huruf dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal abjad, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan acuan dalam penelitian sejenis. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80805 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
HENDRO TRY ROHUL W.pdf | 3.71 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools