Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80801
Title: Strategi Pemasaran Batik Labako UD.Bintang Timur Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember
Authors: Ngesti S, Retna
Sukidin
HEDITULLAH, Hayik
Keywords: Pemasaran Batik Labako
UD.Bintang Timur
Desa Sumberpakem
Kecamatan Sumberjambe
Kabupaten Jember
Issue Date: 4-Aug-2017
Abstract: Perusahaan melakukan strategi pemasaran akan suatu produk tentu membutuhkan promosi untuk memperkenalkan produk tersebut kepada konsumennya, promosi itu sendiri merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran (markeing mix) yaitu product, price, place, dan promotion. Promosi sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan untuk mencapai penjualan yang maksimal, karena meskipun produk yang ditawarkan sudah baik, relatif murah serta mudah untuk diperoleh, jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat penjualan tidak akan memadai. Suatu usaha atau perusahaan jika ingin mencapai tingkat penjualan yang maksimal, tentu memakai beberapa macam promosi penjualan, Namun dari semua hal yang diharapkan dari promosi, perlu pula dipertimbangkan apakah biaya yang dikeluarkan oleh kegiatan promosi itu dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan penjualan dan sampai sejauh mana promosi itu dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan utama pada penelitian ini adalah pemilik dan karyawan UD. Bintang Timur sedangkan informan tambahan pada penelitian ini adalah pembeli atau pelanggan dari UD. Bintang Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumen dan observasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan UD. Bintang Timur yang berada di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Dalam menjual atau memasarkan produk Batik Labako, perusahaan ini menggunakan strategi pemasaran dengan berfokus pada promotion atau promosi, yang didalamnya berhubungan dengan periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi. Pertama pada proses iklan tersebut digunakan dua macam media yaitu, menggunakan media brosur yang di sebar atau diberikan kepada masyarakat secara gratis, dan melalui media kartu nama yang diberikan kepada pembeli atau calon pembeli secara langsung ditoko UD. Bintang Timur. Kedua promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan ini melalui pameran dagang, display produk, potongan pembelian. Dan yang ketiga penjualan pribadi yang dilakukan dengan memajang produk batiknya secara rapi dalam etalase yang berada ditoko UD. Bintang Timur.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80801
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hayik Heditullah.pdf1.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools