Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80783
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Khutobah | - |
dc.contributor.advisor | Syarifuddin | - |
dc.contributor.author | Utami, Febrinda Bekti | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-04T03:04:07Z | - |
dc.date.available | 2017-08-04T03:04:07Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-04 | - |
dc.identifier.nim | 130210205085 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80783 | - |
dc.description.abstract | Pengembangan kognitif merupakan suatu proses berupa kemampuan menghubungkan, menilai dan memperimbangankan sesuatu (depdiknas, dalam purwanti, 20013:3). Salah satu aspek pengembangan kognitif adalah pembelajaran matematika. Berhitung merupakan bagian dari matematika yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada konsep bilangan. Pada usia Taman Kanak-kanak kemampuan berhitung anak berada pada tahap berhitung permulaan yaitu berhitung dengan benda-benda disekitar lingkungan dengan situasi yang menyenangkan. Berdarkan hasil observasi pada anak kelompok B1 di RA Perwanida 2 Cluring Banyuwangi, kemampuan berhitung anak masih rendah. Keadaan ini disebabkan karena kurangnya media yang digunakan oleh guru, dan kegiatan pembelajaran yang diberikan guru kurang bervariasi yang membuat anak kurang tertarik untuk belajar berhitung. Guru hanya mengandalkan gambar dan benda disekitar ruang kelas dengan metode penugasan dan tanya jawab. Dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan yang dapat menarik minat anak sehingga hasil belajar anak dapat meningkat yaitu dengan permainan dadu. Rumusan masalah pada penelitian adalah (1) Bagaimanakah penerapan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B1 di RA Perwanida 2 Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017, (2)Bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan dadu pada anak kelompok B1 di RA Perwanida 2 Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan dadu pada anak kelompok B1 di RA Perwanida 2 Cluring, (2) mendiskripsikan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B1. Penelitian ini dilakukan di RA Perwanida 2 Cluring Banyuwangi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.Setiap siklusnya mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan analisis kulalitatif. Penerapan permainan dadu untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B1 di RA Perwanida 2 Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I anak melakukanmelakukan permainan dadu secara bergantian dengan cara melempar dadu, menghitung titik-titik dadu, menunjukkan lambang bilangannya, kemudian mencari gambar lambang bilangan tersebut dengan pasangannya pada sebuah kotak. Hasil refleksi siklus I yaitu terdapat pada media permainan dadu anak kesulitan dalam mencari gambar alat transportasi yang jumlahnya sesuai lambang bilangannya, menghitung penjumlahan dan pengurangan pada lembar kerja serta arena permainan yang kurang luas. Siklus II guru membagi anak menjadi dua kelompok. Kelompok pertama melakukan permainan terlebih dahulu, sedangkan kelompok kedua mengerjakan tugas dari guru. Peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B1 setelah dilakukan tindakan melalui permainan dadu dapat dilihat dari adanya perolehan nilai rata- rata kelas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 61,25, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi sebesar 70,3, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,23. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan bagi penelitian selanjutnya baik dari segi pengembangan penggunaan media dadu untuk pembelajaran berhitung atau peningkatan aspek-aspek perkembangan lainnya menggunakan permainan dadu. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berhitung Permulaan | en_US |
dc.subject | Permainan Dadu | en_US |
dc.subject | Anak Cluring Banyuwangi | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA PERWANIDA 2 CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Febrinda Bekti Utami - 130210205085.pdf | 1.85 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools