Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80780
Title: RANCANG BANGUN SISTEM PENGKLASIFIKASI KECEPATAN MAKSIMUM KERETA API PADA JALUR KLAKAH-PASIRIAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE LAYER PERCEPTRON
Authors: ANDRIANTO, Anang
HIDAYAT, M. Arief
ABDILLAH, Tri Mada
Keywords: SISTEM PENGKLASIFIKASI KECEPATAN MAKSIMUM KERETA API
METODE SINGLE LAYER PERCEPTRON
Issue Date: 4-Aug-2017
Series/Report no.: 122410101043;
Abstract: Penelitian ini merancang dan membangun sebuah sistem informasi untuk klasifikasi kecepatan maksimum kereta api pada Jalur Klakah-Pasirian menggunakan metode Single Layer Perceptron di mana merupakan salah satu arsitektur perceptron dari Jaringan Syaraf Tiruan yang memiliki kelebihan seperti mampu mengakuisisi atau memperoleh pengetahuan walau tidak ada kepastian pada data yang digunakan, melakukan generalisasi dan ekstraksi dari suatu pola data tertentu, dan dapat menciptakan suatu pola pengetahuan melalui pengaturan diri atau kemampuan belajar. Model pengembangan perangkat lunak untuk perancangan dan pembangunan dari sistem ini menggunakan model waterfall. Pada penelitian ini, perancangan sistem menggunakan UML dengan konsep OOAD. Selain itu, pembangunan sistem menggunakan kerangka pemrograman atau framework CodeIgniter, web server Apache dengan aplikasi local server XAMPP, dan sistem pengelolaan basis data PostgreSQL. Kemudian, pengujian sistem menggunakan white box testing dan black box testing. Sistem ini dapat melakukan klasifikasi training-testing pada dataset kecepatan maksimum kereta api secara utuh menggunakan metode Single Layer Perceptron. Parameter-pamater yang digunakan antara lain nilai learning rate 0,1 dan epoh 10000. Nilai akurasi dari hasil klasifikasi tersebut adalah 100% dengan epoh berhenti pada pengulangan ke-1806. Dari klasifikasi tersebut, didapatkan pula nilai bobot dan bias yang selanjutnya dapat digunakan sebagai klasifikasi data baru berdasarkan nilai akurasi tersebut untuk mendapatkan nilai kecepatan maksimum kereta api pada suatu ruas lintas kereta api. Selain itu, sistem dapat memetakan nilai-nilai kecepatan maksimum pada suatu lintas atau jalur kereta api yang dalam objek penelitian ini menggunakan Jalur Kereta Api Klakah-Pasirian.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80780
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tri Mada Abdillah - 122410101043_.pdf7.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools