Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80779
Title: | PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR SDN BINTORO 02 JEMBER |
Authors: | Rahayu Sihono AINI, FEBRI NUR |
Keywords: | METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR AKTIVITAS SISWA HASIL BELAJAR SISWA PERMASALAHAN SOSIAL LINGKUNGAN SDN BINTORO 02 JEMBER |
Issue Date: | 4-Aug-2017 |
Abstract: | Keberhasilan suatu pembelajaran dalam pendidikan merupakan tanggung jawab seorang pendidik. Seorang pendidik harus menguasai tentang metode mengajar, model pembelajaran dan media yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN Bintoro 02 Jember kelas IV. Pada tanggal 24 Februari 2017.Masih banyak siswa yang berbicara sendiri dan tidak mendengarkan guru menjelaskan didepan kelas. Hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru kelas IV SDN Bintoro 02 Jember bahwa proses dan hasil pembelajaran IPS masih belum terlaksana dengan baik dan optimal karena siswa masih pasif dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan beberapa permasalahan yang telah diuraikan peneliti yang akan dilakukan adalah “penerapkan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktvitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Permasalahan Sosial di Lingkungan Sekitar SDN Bintoro 02 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Pada penelitian ini, tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi empat tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bintoro 02 Jember pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitiannya adalah 23 siswa kelas IV yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Siklus I dilaksanakan selama dua kali pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada akhir siklus. Siklus II dilaksanakan hanya satu kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumen dan tes. Pada penerapan metode diskusi berbantuan media gambar dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan II. Namun pada pembelajaran yang sedang berlangsung ada kendala yang dihadapi yaitu ada siswa yang tidak mau berkerja sama dengan teman kelompoknya, ada siswa yang malu ketika diminta untuk membacakan hasil diskusinya didepann kelas. Pada saat guru mengajukan pertanyaan siswa sudah berani mengacungkan tangan untuk menjawab pertayaan. Hasil analisis observasi diperoleh bahwa pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dibandingkan dengan pra siklus. Begitu pula dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat dibandingkan siklus I. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus 47,5 (kriteria cukup) mengalami peningkatan sebesar 17,7 meningkat menjadi 65,2 (kriteria aktif) pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 15,9 pada siklus II meningkat menjadi 81,1 (kriteria sangat aktif). Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 57 (kriteria kurang) mengalami peningkatan sebesar 13 pada siklus I meningkat menjadi 70 (kriteria baik) dan mengalami peningkatan sebesar 11 meningkat menjadi 81 (kriteria sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapanm metode diskusi berbantuan media gambar mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas IV SDN Bintoro 02 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Saran yang diberikan kepada guru adalah dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan oleh guru agar pembelajaran lebih bermakna dan membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80779 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FEBRI NUR AINI - 130210204026.pdf | 3.37 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools