Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80771
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yuliati, Nanik | - |
dc.contributor.advisor | Lathif, Misno A. | - |
dc.contributor.author | Rusmiyanti, Erni | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-04T02:40:26Z | - |
dc.date.available | 2017-08-04T02:40:26Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-04 | - |
dc.identifier.nim | 130210205073 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80771 | - |
dc.description.abstract | Sesuai dengan karakteristik kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun, seharusnya setiap anak sudah dapat berbicara dengan baik, anak bisa bertanya dan menjawab pertanyaan dan sudah dapat menyusun kalimat sederhana. Berdasarkan hasil belajar prasiklus anak kelompok B di TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dari 10 anak, 2 anak sudah mencapai indikator keberhasilan, dan 8 anak lainnya belum mencapai indikator keberhasilan. Hal tersebut dikarenakan metode yang digunakan guru kurang menarik perhatian anak sehingga anak kurang merespon yang disampaikan guru, ketika guru bertanya jawab dan bercerita dengan anak, suara guru kurang keras, intonasi yang digunakan guru masih kurang. Berdasarkan permasalahn tentang kemampuan berbicara tersebut, perlu adanya penggunaan metode yang menarik perhatian anak untuk mengoptimalkan kemampuan berbicara anak, salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode sosiodrama. Metode sosiodrama untuk mengembangkan kemampuan berbicara karena menginjak usia ini, anak suka berimajinasi dengan penggunaan metode sosiodrama diharapkan dari hasil imajinasi anak dapat dituangkan dalam bentuk bermain drama dan anak akan menuangkan apa yang ada dipikirannya dalam bentuk percakapan dengan lawan mainnya, sehingga kemampuan berbicara kelompok B TK Pertiwi Gumukmas Jember meningkat sesuai dengan harapan. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) bagaimanakah penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember tahun pelajaran 2016/2017; 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode sosiodrama di TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember tahun pealajaran 2016/2017. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak dan meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengguanakan desain penelitian model Kemmis dan MC, yang terdiri dari 4 tahap meliputi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I, kegiatan drama diawali dengan pembukaan, tanya jawab dengan tema hari ini, guru membacakan skenario drama, guru membagikan peran, mengajak anak untuk melakukan drama, siklus I belum berhasil karena properti yang digunakan guru kurang menarik dan guru belum bisa mengkondisikan anak. Hasil siklus I belum mencapai indikator keberhasilan, maka di terapkan siklus II. Kegiatan yang dilakukan pada siklus II tidak jauh dari siklus I, perbaikan terletak di saat guru menjelaskan skenario drama dengan mendekati anak, tidak hanya diam ditempat, properti yang digunkan guru sudah lebih baik. Hasil dari penerapan metode sosiodrama tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak anak kelompok B TK Pertiwi kecamatan Gumukmas Jember berupa nilai rata-rata kelas yang mengalamai peningkatan pada siklus I yaitu 59, 37 kemudian pada siklus II mencapai 72, 5.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan metode sosiodrama dalam memberikan variasi pembelajaran kemampuan berbicara anak, sehingga kemampuan berbicara anak optimal. Selain itu, saran untuk peneliti lain yaitu hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitiannya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | METODE SOSIODRAMA | en_US |
dc.subject | TK PERTIWI | en_US |
dc.subject | KECAMATAN GUMUKMAS JEMBER | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN BERBICARA ANAK | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE SOSIODRAMA DI TK PERTIWI KECAMATAN GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Erni Rusmiyanti.pdf | 3.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools