Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/807
Title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMENTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 JATIROTO
Authors: Hendrik Siswono
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING
Issue Date: 21-Aug-2013
Series/Report no.: 050210192096;
Abstract: Kenyataan dalam pembelajaran fisika di sekolah saat ini aktivitas dan hasil belajar fisika masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran eksakta lain. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII dengan alasan karena siswa masih baru mengenal pelajaran fisika sehingga perlu merangsang minat siswa untuk lebih berminat terhadap pelajaran fisika. Berdasarkan observasi pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Jatiroto, aktivitas belajar siswa masih kurangnya antusias siswa dalam menerima pelajaran fisika dan menganggap fisika adalah pelajaran yang dianggap sulit, membosankan dan tidak menyenangkan. Untuk hasil belajar fisika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Jatiroto masih banyak siswa yang kurang memahami materi setelah diajarkan. Berdasarkan permasalahan maka diperlukan suatu variasi model dan metode dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Jatiroto; (2) Untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Jatiroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jatiroto. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas dengan uji homogenitas menggunakan SPSS 16.0 dengan metode analisis One Way Anova. Penentuan sampel penelitian dengan simple random sampling. Sampel penelitian ditentukan menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan post-test control design. Analisis data untuk mengkaji hasil belajar siswa menggunakan SPSS 16.0 dengan metode analisis Independent Sample t-test. Analisis data untuk aktivitas belajar siswa menggunakan analisis deskriptif dengan menggambarkan kondisi pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5% hasil P (Signifikansi) 0,001 < 0,05. Jika dikonsultasikan dengan hipotesis uji t maka Ho ditolak atau Ha diterima dengan kata lain rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang lebih besar pada model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan metode eksperimen memberikan dampak pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis observasi pada kelas eksperimen diperoleh hasil aktivitas yang tergolong aktif dengan satu indikator yang masih tergolong tidak aktif yaitu indikator keterlibatan siswa dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan analisis aktivitas siswa penilaian secara klasikal indikator aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh dua indikator yang masih tergolong tidak aktif yaitu siswa masih kurang terlibat aktif dalam bertanya dan masih kurang terlibat aktif dalam menjawab pertanyaan guru. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan menggunakan metode eksperimen dapat berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika kelas VII di SMP Negeri 2 Jatiroto.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/807
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Hendrik Siswono_1_18.pdf51.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools