Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80673
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | INDRAWATI | - |
dc.contributor.advisor | YUSHARDI | - |
dc.contributor.author | NINGSIH, Swit Tanti Rahayu | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-03T01:17:31Z | - |
dc.date.available | 2017-08-03T01:17:31Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-03 | - |
dc.identifier.nim | NIM120210102001 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80673 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah pada siswa kelas X semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu ditentukan populasi penelitian dengan membatasi masalah pada materi yang terdapat di silabus.Materi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini merupakan materi fisika tentang gerak melingkar. Sesuai dengan silabus, materi gerak melingkar diajarkan pada kelas X IPA, sehingga dalam penelitian ini sampel kelas yang dipilih adalah X IPA 1, X IPA 2, dan X IPA 3. Dari 3 kelas tersebut dilakukan uji homogenitas menggunakan Anova (Analisis of Variance) dengan bantuan program SPSS 22 untuk menguji pengetahuan awal siswa.Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 22. Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) yang diterapkan dalam pembelajaran fisika berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil analisis uji Independent Samples T-test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05), sehingga dapat disimpulkan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model GI-GI lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 78,85 dan kelas kontrol sebesar 72,22. Model GI-GI juga berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi siswa. Hasil analisis uji Independent Samples T-test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) juga berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata skor post-test kemampuan multirepresentasi kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model GI-GI lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 68,84 dan kelas kontrol sebesar 54,03. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran gerak melingkar di SMA Negeri 1 Jenggawah.; dan (2) Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran gerak melingkar di SMA Negeri 1 Jenggawah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210102001; | - |
dc.subject | MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN GERAK MELINGKAR | en_US |
dc.title | MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) PADA PEMBELAJARAN GERAK MELINGKAR DI SMAN 1 JENGGAWAH (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Swit Tanti Rahayu Ningsih - 120210102001_.pdf | 2.43 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools