Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80672
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SOEPENO, Bambang | - |
dc.contributor.advisor | NA'IM, Mohammad | - |
dc.contributor.author | SULAIHAH | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-03T01:13:00Z | - |
dc.date.available | 2017-08-03T01:13:00Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-03 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210302015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80672 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan sikap percaya diri melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017 dan (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember, dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis S. dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian tindakan tiap siklusnya meliputi; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Dari 5 indikator sikap percaya diri dapat disimpulkan peningkatan sikap percaya diri peserta didik dalam belajar dari pra siklus 56,7% meningkat sebesar 7,03% menjadi 63,73% pada siklus 1 dengan kriteria baik. Siklus 2 mengalami peningkatan dari 63,73% pada siklus 1 meningkat sebesar 6,52% menjadi 70,25% pada siklus 2 dan pada siklus 3 mengalami peingkatan sebesar 8,01% menjadi 78,26% dengan kriteria sudah sangat baik. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan, dari pra siklus 36,67% meningkat 36,66% menjadi 73,33% pada siklus 1. Siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10% menjadi 83,33% dan pada siklus 3 meningkat 3,33% menjadi sebesar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode pembelajaran buzz group mampu meningkatkan sikap percaya diri peserta didik dalam belajar sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017 dan (2) Penerapan metode pembelajaran buzz group mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210302015; | - |
dc.subject | METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP | en_US |
dc.subject | SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN SEJARAH | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Sulaihah - 130210302015_.pdf | 1.32 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools