Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80655
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMUCHTAR, Imam-
dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk-
dc.contributor.authorWAHYUNINGTYAS, Astri-
dc.date.accessioned2017-08-02T06:22:42Z-
dc.date.available2017-08-02T06:22:42Z-
dc.date.issued2017-08-02-
dc.identifier.nimNIM130210204117-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80655-
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 62,38 (kategori aktif) mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 10,12 menjadi 72,5 (kategori aktif), dan pada siklus II meningkat sebesar 12,5 menjadi 85 (kategori sangat aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk penilaian kognitif dari prasiklus dengan skor 59,85 (kategori kurang) meningkat pada siklus I sebesar 13,05 menjadi 72,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,2 menjadi 84,1 (kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian psikomotor mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 15,95 dari 59,95 (kategori sedang/cukup) menjadi 75,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,5 menjadi 83,4 (kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian afektif prasiklus sebesar 61 (kategori sedang/cukup) mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 9,83 menjadi 70,83 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,92 menjadi 78,75 (kategori baik). Jadi, berdasarkan data diatas kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema Sejarah Peradaban Indonesia SDN Kebonsari 5 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204117;-
dc.subjectTIPE THINK PAIR- SHARE (TPS)en_US
dc.subjectSEJARAH PERADABAN INDONESIAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR- SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA SD NEGERI KEBONSARI 5 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Astri Wahyuningtyas - 130210204117_.pdf5.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools