Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80646
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNURIMAN-
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH-
dc.contributor.authorPERMANA, Angga-
dc.date.accessioned2017-08-02T04:49:54Z-
dc.date.available2017-08-02T04:49:54Z-
dc.date.issued2017-08-02-
dc.identifier.nimNIM120210204127-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80646-
dc.description.abstractHasil observasi pra siklus skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 41,11 dalam kategori cukup aktif. Tahap siklusI skor ratarata 74,44 dalam kategori aktif. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada tahap refleksi disiklus I dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa sudah aktif, sehingga hanya perlu sedikit refleksi untuk siklus II dengan harapan agar nilai aktivitas secara klasikal menjadi sangat aktif. Siklus II dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tahap siklus II skor rata-rata 83,61 dalam kategori sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari tahap pra siklus ke siklus I sebesar 33,33, sedangkan peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari tahap siklus I kesiklus II sebesar 9,17. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus dalam kategor icukup dengan skor rata-rata 67,33. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,86 termasuk dalam kategori baik. Skor rata-rata hasil belajar siswa semakin meningkat pada siklus II sebesar 84,12 termasuk dalam kategori sangat baik. Terdapat 20 siswa (67,67%) termasuk dalam kategori hasil belajar sangat baik, 9 siswa (30%) termasuk dalam kategori hasil belajar baik, 1 siswa (3,33%) termasuk dalam kategori hasil belajar cukup, dan tidak terdapat siswa yang termasuk dalam kategori hasil belajar kurang dan sangat kurang.. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada matapelajaran IPA pokok bahasan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan di SDN Kebonsari 04 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204127;-
dc.subjectPENDEKATAN KONSTEKTUALen_US
dc.subjectMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER SEMESTER GENAP 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Angga Permana - 120210204127_.pdf7.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools