Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80641
Title: ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI
Authors: SUNARDI
OKTAVIANINGTYAS, Ervin
RAMADHANI, Amalia Febrianti
Keywords: BERPIKIR KREATIF
BELAJAR VISUAL
Issue Date: 2-Aug-2017
Series/Report no.: 130210101022;
Abstract: Dari hasil analisis tes pemecahan masalah, 4 siswa dinyatakan masuk dalam kategori sangat kreatif (TBK 4) dengan persentase 33,33 %, 4 siswa dinyatakan masuk dalam kategori kreatif (TBK 3) dengan persentase 33,33 %, 2 siswa dinyatakan masuk dalam kategori cukup kreatif (TBK 2) dengan persentase 16,66 %, 1 siswa dinyatakan masuk dalam kategori kurang kreatif (TBK 1) dengan persentase 8,33 %, dan 1 orang siswa terakhir dinyatakan masuk dalam kategori tidak kreatif (TBK 0) dengan persentase 8,33 %. Empat siswa dinyatakan masuk dalam kategori sangat kreatif (TBK 4) karena mampu memenuhi kriteria kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengerjakan soal tes pemecahan masalah. Empat siswa dinyatakan masuk dalam kategori kreatif (TBK 3) karena mampu memenuhi dua kriteria berpikir kreatif, dengan rincian seorang siswa memenuhi kriteria kefasihan dan kebaruan, dan 3 siswa memenuhi kriteria kefasihan dan fleksibilitas. Dua siswa dinyatakan masuk dalam kategori cukup kreatif (TBK 2) karena mampu memenuhi kriteria fleksibilitas. Satu siswa dinyatakan masuk dalam kategori kurang kreatif (TBK 1) karena hanya mampu memenuhi kriteria kefasihan saja. Satu siswa lagi dinyatakan masuk dalam kategori tidak kreatif (TBK 0) karena siswa tersebut tidak mampu memenuhi kriteria berpikir kreatif baik itu kefasihan, fleksibilitas, maupun kebaruan. Dari hasil ini menunjukkan siswa bergaya belajar visual cenderung memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Dalam hal pengerjaan tes pun terlihat muncul sikap para siswa bergaya belajar visual tersebut yang sesuai dengan ciri – ciri gaya belajar visual, misalnya saja sebagian besar siswa membaca soal dalam hati sambil menunjuk setiap kalimat dengan alat tulis dan menggerakkan mulutnya, membuat ilustrasi gambar dengan detail dan tidak menuliskan data yang diketahui dari soal, siswa bergaya belajar visual cenderung serius pada saat mengerjakan soal, dan memeriksa kembali hasil pekerjaannya secara sekilas dengan membaca ulang dan melihat hasil akhir jawaban sambil menunjuk soal dengan jari.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80641
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Amalia Febrianti Ramadhani - 130210101022_.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools