Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80634
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SATRIJONO, Hari | - |
dc.contributor.author | PRASETYO, Ahmad So’im Andi | - |
dc.contributor.author | SIHONO | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-02T04:06:01Z | - |
dc.date.available | 2017-08-02T04:06:01Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-02 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210204102 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80634 | - |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN Candipuro 01 Lumajang. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 2,563 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0195. Jika dibandingkan dari kedua nilai ini maka didapat thitung > ttabel , sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskriptif. Dari hasil analisis ER diperoleh nilainya adalah sebesar 33,46%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif 33,46% dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Saran penelitian ini yaitu bagi peneliti lain, apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran tertentu, seharusnya dapat dikreasikan dengan pendekatan/ model/ strategi/ metode/ teknik dan media pembelajaran lain agar tingkat keefektifitas relatifnya dapat ditingkatkan, sedangkan bagi guru, hasil penelitian ini seyogyanya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran yang lain selain pembelajaran keterampilan menulis. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210204102; | - |
dc.subject | TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) | en_US |
dc.subject | MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIPURO 01 LUMAJANG | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ahmad So’im Andi Prasetyo - 130210204102_.pdf | 2.25 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools