Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80625
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNURIMAN-
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH-
dc.contributor.authorPRADANA, Agil Yudha-
dc.date.accessioned2017-08-02T03:50:15Z-
dc.date.available2017-08-02T03:50:15Z-
dc.date.issued2017-08-02-
dc.identifier.nimNIM130210204052-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80625-
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Plalangan Kalisat Jember mengalami peningkatan selama proses penerapan strategi guided discovery. Persentase keterampilan proses sains siswa pada siklus I adalah 62,59% dengan kriteria cukup baik mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,29% dengan kriteria baik. Hampir semua indikator mengalami peningkatan pada siklus II. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat bila skor hasil tes belajar secara klasikal mencapai skor >70. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 63,15% meningkat pada siklus II menjadi 71,77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran guided discovery pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Plalangan Kalisat Jember. Saran kepada guru adalah dapat menjadikan pertimbangan untuk menerapkan strategi pembelajaran guided discovery pada saat proses pembelajaran di kelas. Saran yang diberikan kepada peneliti lain berdasarkan hasil penelitian adalah guru harus menjelaskan tentang pemahaman materi yang akan diajarkan kepada siswa agar dalam proses penemuan siswa tidak mengalami kebingungan dan proses penemuan dapat berjalan dengan lancar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204052;-
dc.subjectCOMBPRODUCTen_US
dc.subjectSTRATEGI GUIDED DISCOVERYen_US
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 PLALANGAN KALISAT JEMBER MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI TAHUN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agil Yudha Pradana - 130210204052_.pdf5.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools