Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80454
Title: | ARAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INDUSTRI KREATIF DAN INDUSTRI BUDAYA DI ERA GLOBAL |
Authors: | Syukron, Ahmad |
Keywords: | pembelajaran industri kreatif industri budaya era global |
Issue Date: | 21-Jul-2017 |
Abstract: | Sejak tahun 2009, pemerintah Indonesia mencanangkan bahwa Indonesia menuju visi ekonomi kreatif Indonesia 2025. Dalam konteks tersebut, stakeholder di bidang pendidikan patut berpikir untuk menjadikan pendidikan menjadi salah satu basis penopang melalui pengembangan pembelajaran berbasis industri kreatif. Selain itu, pengembangan ini perlu disinergikan dengan kearifan lokal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan berpotensi untuk dikemas menjadi culture industries. Selanjutnya, pada level satuan pendidikan, capaian kompetensi hendaknya bermuara pada penguasaan hardskill dan softskill dalam koridor penguatan industri kreatif. Lebih khusus, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (PBSI) yang berposisi sebagai mata pelajaran penghela dalam struktur kurikulum saat ini. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan paparan yang menggambarkan pengembangan PBSI berbasis industri kreatif dan industri budaya di era global. Paparan berfokus pada arah pengembangan PBSI yang berpijak pada kajian yang bersifat analitis-prediktif. Hasil kajian ini diharapkan mampu menjadi khasanah untuk mengembangkan ide serupa dan mengimplementasikannya di berbagai daerah Indonesia. |
Description: | Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80454 |
ISBN: | 978-602-61681-0-8 |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Prosiding_Syukron_Arah Pengembangan.pdf | 1.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.