Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80442
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Rijadi, Arief | - |
dc.contributor.author | Hanief, Latifah | - |
dc.date.accessioned | 2017-07-21T05:28:16Z | - |
dc.date.available | 2017-07-21T05:28:16Z | - |
dc.date.issued | 2017-07-21 | - |
dc.identifier.issn | 978-602-61681-0-8 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80442 | - |
dc.description | Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global | en_US |
dc.description.abstract | Era global ditandai dengan begitu cepat dan canggihnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi. Akibatnya batas-batas negara bangsa dan bahkan hal-hal pribadi dapat dengan mudah ditembus dengan kecanggihannya. Begitu juga saling pengaruh mempengaruhi antarbudaya tidak dapat dihindarkan, sehingga dapat mempengaruhi pergeseran orientasi karakter bangsa. Namun, pergeseran karakter bangsa itu masih dapat diminimalisasi melalui pendidikan. Hakikat pendidikan di tingkat dasar, khususnya di kelas rendah, merupakan upaya mendasari karakter peserta didik menuju generasi yang diharapkan. Dalam konteks pembelajaran, guru diharapkan menjadi model, vasilitator, dan motivator pengembangan karakter yang mengedepankan sikap dan perilaku baik. Salah satu karakter yang diharapkan adalah toleransi yang direpresentasikan dalam tindak tutur antar partisipan tutur. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan strategi tindak tutur yang merepresentasikan sikap dan perilaku yang bertoleransi. Bentuk tindak tutur bertoleransi dapat berupa kata atau kelompok kata dan kalimat atau ungkapan. Strategi dalam artikel ini disejajarkan dengan gaya atau modus tutur, yakni cara partisipan tutur dalam merepresentasikan tuturan-tuturan yang mengindikasikan tindak tutur bertoleransi. Melalui pendekatan pragmatik dengan data hasil pengamatan dan dianalisis secara deskriptif, diyakini dapat mendeskripsikan tuturan-tuturan bertoleransi dalam proses pembelajaran. Artikel ini diharapkan dapat memberi pemahaman terhadap realitas berbahasa pendidik dan peserta didik dalam usaha pembentukan karakter bangsa dalam era global. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | pragmatik | en_US |
dc.subject | tindak tutur | en_US |
dc.subject | prinsip toleransi | en_US |
dc.subject | kaidah toleransi berbahasa | en_US |
dc.title | REPRESENTASI TINDAK TUTUR BERTOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN KARAKTER DI KELAS RENDAH PADA ERA GLOBAL | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Prosiding_Arief R_Representasi Tindak Tutur.pdf | 1.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.