Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80340
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Krisnadi, IG | - |
dc.date.accessioned | 2017-07-13T02:51:38Z | - |
dc.date.available | 2017-07-13T02:51:38Z | - |
dc.date.issued | 2017-07-13 | - |
dc.identifier.issn | 2579-8847 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80340 | - |
dc.description | Proceedings The 1st International Conference on Education, Language, and Arts (ICELA) 2017 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini mendiskusikan penerapan pembelajaran kelompok atau cooperative learning pada pemebelajaran keterampilan mendengar bahasa Inggris di kelas Intermediate 3 LBPP-LIA Kalimalang Bekasi. Inti dari model cooperative leraning adalahsiswa belajar dari siswa dan untuk siswa, serta peran guru sebagai fasilitator. Para siswa diajarkan untuk saling berinterksi selama pembelajaran dan kerjasama antar siswa adalah fokusnya.Siswa yang terbiasa dengan model pembelajaran individual learning dimana guru adalah selalu sebagai pusat pembelajaran, akan sulit melakukan interaksi di kelas. Pada pembelajaran keterampilan mendengar bahasa umumnya siswa melakukan aktifitas mendengar satu arah dan tidak melakukan kegiatan bertanya dan merespon.Padahal interaksi sangat diperlukan dalam meningkatkan keterampilan mendengar bahasa siswa. Menurut Brown belajar mendengarkan juga berarti belajar merespon (Brown: 1995). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sementaranya objek penelitian adalah ke-12 aspek yang merupakam karakteristik model cooperative learning. Data didapat dari hasil observasi kelas, dan metode kwalitatif digunakan untuk menganalisis data.Dari hasil analisis data, terungkap bahwa para siswa dan guru di kelas Intermediate 3 telah dapat melakukan adaptasi pembelajaran model cooperative learning dengan baik, namun mereka belum sepenuhnya mengadopsi secara baik dan benar keseluruhan peran mereka dalam pelaksanaan model pembelajaran ini. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | kerjasama siswa | en_US |
dc.subject | peran guru | en_US |
dc.subject | keterampilan mendengarkan | en_US |
dc.title | MEMAHAMI PEMIKIRAN PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM NOVEL BUMI MANUSIA | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. IB_Prosiding_IG Krisnadi_Memahami Pemikiran Pramudya.pdf | 2.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.