Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80329
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hardianto, Triwahju | - |
dc.contributor.advisor | Setiawan, Dedy Kurnia | - |
dc.contributor.author | Ratno, Nur Dwi | - |
dc.date.accessioned | 2017-07-13T01:31:35Z | - |
dc.date.available | 2017-07-13T01:31:35Z | - |
dc.date.issued | 2017-07-13 | - |
dc.identifier.nim | NIM121910201076 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80329 | - |
dc.description.abstract | Kelangkaan energi atau yang bisa disebut juga dengan krisis energi tidak dapat kita hindari. Terutama pada energi listrik yang masih menggunakan sumber energi dari minyak bumi. Hal ini sangat berpengaruh pada system perkapalan Indonesia yang masih menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Oleh karena itu, akan dibuat kapal magnetohidrodinamika yang menggunakan energi alternatif sebagai penggerak kapal dari sistem penggerak propeler. Kapal magnetohidrodinamika bergerak akibat timbulnya gaya Lorentz, dimana arus listrik yang dikirimkan berpotongan dengan medan magnet di dalam air laut (plasma). Oleh karena itu, dibutuhkan channel kapal sebagai tempat perpotongan medan magnet dengan arus listrik. Channel kapal yang digunakan adalah tipe Diagonal Conducting Wall dimana kedua elektrodanya dihubungkan secara diagonal. Jenis magnet yang digunakan adalah magnet Neodymium yang berdimensi 9cm x 2,2cm x 1,5cm. Terdapat empat kali pengujian dalam penelitian ini yaitu saat tegangan channel 15,21V; 17,37V; 19,14V; 21,23V; 24V. daya dorong terkecil terjadi pada saat tegangan channel 15,21V yaitu 22,875W, sedangkan daya dorong terbesar terjadi pada saat tegangan channel 24V yaitu 274,818W. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 121910201076; | - |
dc.subject | Magnetohirdodinamika | en_US |
dc.subject | Diagonal Conducting Wall | en_US |
dc.title | Rancang Bangun Magnetohidrodinamika Sebagai Energi Penggerak Pada Kapal Dengan Menggunakan Tipe Kanal Diagonal Conducting Wall | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nur Dwi Ratno - 121910201076.pdf | 2.48 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools