Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80287
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih-
dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko-
dc.contributor.authorKarlina, Erma-
dc.date.accessioned2017-07-07T02:09:51Z-
dc.date.available2017-07-07T02:09:51Z-
dc.date.issued2017-07-07-
dc.identifier.nimNIM090210102077-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80287-
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala dan kejadian alam yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Salah satu tujuan pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah agar siswa menguasai konsep dan prinsip fisika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari ratarata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih meprihatinkan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan di kelas seperti model pembelajaran yang berpusat pada guru. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu memunculkan keterlibatan langsung siswa secara aktif dan bermakna untuk mengamati dan membuktikan suatu konsep fisika melalui percobaan, sehingga menambah rasa ingin tahu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan fisika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran generatif (Generative learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berdiskusi siswa selama menggunakan model pembelajaran generatif (Generative learning) dan mengkaji hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Generatif (Generative learning) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada tanggal 10 April sampai 10 Mei 2016. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kemudian menggunakan metode nilai rata-rata ulangan materi sebelumnya untuk menentukan sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji kedua hipotesis penelitian tersebut adalah Uji Independent Sample T-test (uji parametrik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berdiskusi siswa pada mata pelajaran fisika selama menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) yang terdiri dari 7 aspek seperti lafal, bahasa, struktur bahasa, kelancaran berbicara, hubungan isi dengan topik, memberikan pendapat, dan menanggapi pendapat orang lain memiliki nilai dengan kriteria baik. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig.(1-tailed) < 0.05, yaitu 0.001, maka H0 ditolak, Ha diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: keterampilan berdiskusi siswa pada mata pelajaran fisika selama menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) memiliki mengalami peningkatan dari baik menjadi sangat baik dan hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) pada pembelajaran fisika di SMA lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran yang digunakan di sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries090210102077;-
dc.subjectModel Pembelajaran Generative Learningen_US
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Generative Learning pada Pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Erma Karlina - 090210102077.pdf1.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools