Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80238
Title: | REKONSTRUKSI KURIKULUM UPAYA VITAL YANG DILEMATIS |
Authors: | Umamah, Nurul |
Keywords: | KURIKULUM |
Issue Date: | 16-Jun-2017 |
Abstract: | Kurikulum sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan selalu mendapat sorotan masyarakat termasuk pejabat, ilmuwan, kalangan industri, orang tua dan pihak lain yang merasa berkepentingan dengan hasil-hasil pendidikan (Umamah, 2010). Namun, Surakhmad (dalam Umamah, 2010) mensinyalir bahwa kurikulum yang diciptakan untuk "Memecahkan masalah tertentu ternyata justru lahir sebagai masalah". Wacana integrasi IPA dan IPS ke mata pelajaran lainnya, akan menimbulkan banyak masalah baik dari sisi kompetensi sumber daya manusia pengampunya, maupun dari sisi kerancuan rumpun keilmuan. Begitupula dengan statemen Mendikbud dalam pidato peringatan Hari Guru Nasional 2012 (Abduhzen, 2012) bahwa Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan berbasis sains, yaitu mendorong siswa agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) dengan obyek pembelajaran fenomena alam, sosial, seni, dan budaya |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80238 |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Seminar Nasional Rekontruksi.pdf | 315.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.