Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/801
Title: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Authors: Eko Hari Cahyono
Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS)
Issue Date: 21-Aug-2013
Series/Report no.: 060210102191;
Abstract: Proses belajar fisika cenderung berpusat pada guru dan membuat siswa lebih pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapakan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Strategi pembelajaran ini terdiri dari 4 tahapan, antara lain membuat pertanyaan sesuai materi, meminta siswa untuk menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, siswa berkeliling untuk mencari jawaban teman yang bisa menjawab pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya, pembahasan oleh guru. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika kelas VII A SMP Negeri 2 Kalisat tahun ajaran 2011/2012, (2) Aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kalisat tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) termasuk dalam kriteria aktif dengan persentase sebesar 73,73%. (3) Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) cukup efektif dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Kalisat dengan persentase sebesar 51,92%,
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/801
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Eko Hari Cahyono_1_17.pdf352.54 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools