Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80043
Title: PENERAPAN PENILAIN TEMAN SEJAWAT PADA PEMBELAJARAN KAJIAN IPS SD
Authors: Zahroul F, Chumi
Keywords: penilain teman sejawat
keterampilan sosial dan hasil belajar
Issue Date: 6-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas keterampilan sosial dan hasil belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah kajian IPS SD melalui penerapan penilain teman sejawat. Subyek penelitian mahasiswa PGSD FKIP UNEJ semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Hasil observasi awal menunjukkan aktivitas keterampilan sosial mahasiswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar ujian tengah semester dalam kategori kurang baik. Metode penelitian bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar, yang didesain dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas keterampilan sosial mahasiswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 19,78% dengan rata-rata persentase ketercapaian 60,89% termasuk kriteria cukup aktif. Aktivitas keterampilan sosial mahasiswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,21% dengan rata-rata persentase 71,1% termasuk kriteria aktif. Hasil belajar mahasiswa siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,64%, secara klasikal rata-rata persentase ketercapaian 68,37% kriteria cukup baik. Hasil belajar mahasiswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,53% secara klasikal sebesar 75,9% kriteria baik.
Description: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, dengan tema “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi“
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80043
Appears in Collections:LSP-Abstract

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Chumi Zahroul F_ PENERAPAN PENILAIN TEMAN SEJAWAT PADA PADA PEMB KAJIAN IPS SD.pdf7.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.