Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/80040
Title: | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI-NILAI TARIAN LAHBAKO PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NURUL HIKMAH PATRANG-JEMBER UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL |
Authors: | Mucthar, Imam Zahroul F, Chumi |
Keywords: | Pembelajaran IPS Budaya Lokal Tarian Lah bako |
Issue Date: | 6-Apr-2017 |
Abstract: | lmu Pengetahuan Sosial memiliki tujuan membekali peserta didik mempunyai kompetensi turut serta dalam peran sosial masyarakat untuk mengembangakan budaya lokal. Budaya lokal daerah Jember salah satunya tarian Lahbako, pada tarian tersebut terkandung nilai-nilai luhur budaya. Pengenalan nilai-nilai tari lahbako sebagai bagian dalam pembelajaran IPS sangat dibutuhkan guna melestarikan kebudayaan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk melestarikan budaya lokal melalui implementasi nilai-nilai luhur pada tarian lahbako. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Nurul Hikmah. menggunakan metode penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, mengamati dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peserta didik kelas IV SD Nurul Hikmah Patrang Jember untuk melestarikan budaya lokal mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan pada Hasil belajar afektif pada indikator melestarikan budaya lokal, pra siklus 64,12%, siklus I 75,22%, dan siklus II 84,02%. Kesimpulan dalam Penelitian ini adalah implementasi pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai tari tarian lahbako dapat meningkatkan sikap siswa dalam melestarikan budaya lokal kabupaten Jember. Saran yang diberikan perlu di perkenalkan budaya lokal daerah jember pada proses pembelajaran |
Description: | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, dengan tema “Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA“ |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80040 |
Appears in Collections: | LSP-Abstract |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.