Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79973
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAdawiyah, Waqiatul-
dc.contributor.authorSuyadi, Drs. Bambang-
dc.date.accessioned2017-03-30T04:09:31Z-
dc.date.available2017-03-30T04:09:31Z-
dc.date.issued2017-03-30-
dc.identifier.isbn978-602-74798-9-0-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79973-
dc.descriptionSeminar Nasional Pendidikan Ekonomi Jilid 2 Peran Pendidikan Etika Dalam Membangun Peradaban Bangsaen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ B SMK Nuris Jember semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada kompetensi dasar menganalisis peluang usaha dalam mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ B yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumen. Analisis data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari kategori rendah dengan skor 5,4 menjadi kategori sedang dengan skor 10,1 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor 12,3. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, nilai rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 60,69, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 78,97 dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 85,51. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel pembelajaran Problem solving,en_US
dc.subjectkemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasilbelajar Siswa Kelas Xi Tkj B (Studi Kasus di SMK Nuris Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016 pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peluang Usaha dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan)en_US
dc.typeProsidingen_US
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
144-150_BAMBANG S_.pdf862.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.