Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79670
Title: Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Pembelajaran PKN Pokok Bahasan Sistem pemerintahan Tingkat Pusat Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Tegal Gede 02 Jember PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN TEGALGEDE 02 JEMBER
Authors: Yayuk Mardiati
Chumi Zahroul Fitriyah
FITRIA
Keywords: MIND MAPPING
HASIL BELAJAR
Issue Date: 14-Mar-2017
Abstract: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah suatu program pendidikan berdasarkan nilai-nilai pancasila sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa yang diharapkan menjadi jati diri yang diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari hari. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti ditemukan aktivitas dan hasil belajar siswa tergolong cukup. Diperlukan teknik yang tepat dalam pembelajaran PKn agar efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Teknik Mind Mapping dalam pembelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Tegalgede 02 Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Teknik Mind Mapping dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat di SDN Tegalgede 02 Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap di SDN Tegalgede 02 Jember sebanyak 30 siswa dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan teknik mind mapping pokok bahasan sistem pemerintahan tingkat pusat terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus 50% dengan kategori cukup aktif meningkat sebesar 21% pada siklus I menjadi 71% dengan kategori aktif, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 71% meningkat 10% pada siklus II menjadi 81% dengan kategori sangat aktif. Indikator aktivitas belajar siswa yang menonjol pada tahap prasiklus yaitu mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang diajarkan, indikator aktivitas belajar siswa yang menonjol pada siklus I yaitu mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang diajarkan dan keberanian siswa dalam presentasi dikelas, sedangkan indikator aktivitas belajar siswa yang menonjol pada siklus II yaitu mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang diajarkan, minat siswa terhadap pembelajaran dengan teknik mind mapping dan membuat catatan dengan teknik mind mapping. Peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus 62,66% dengan kategori cukup baik meningkat sebesar 7,74% pada siklus I menjadi 70,4% dengan kategori baik sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 70,4% meningkat sebesar 8.4% pada siklus II menjadi 78,8% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan tingkat pusat pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Tegalgede 02 Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan teknik mind mapping sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan, meningkatkan mutu para pendidik dan peserta didik, dapat memberikan wawasan dan masukan serta untuk peneliti lain dapat dijadikan referensi dalam penelitian selanjutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79670
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fitria_1.pdf2.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools