Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79648
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Handayani, R.D | - |
dc.contributor.author | Aristya, P.D | - |
dc.contributor.author | Iqbal, M | - |
dc.date.accessioned | 2017-03-13T03:37:41Z | - |
dc.date.available | 2017-03-13T03:37:41Z | - |
dc.date.issued | 2017-03-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79648 | - |
dc.description | Fakultas KIP Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Pergeseran paradigma pendidikan di Abad 21 diperlukan suatu pembelajaran yang inovatif, kreatif dan produktif. Setelah dikembangkan bentuk video games berbasis TN Baluran dengan sistem android dan telah mendapatkan validasi baik maka dilanjutkan dalam penelitian pada tahun kedua dengan tujuan (1) mengembangkan perangkat pembelajaran video games berbasis TN Baluran dengan Sistem Android (2) Pengaruh penerapan video games berbasis TN Baluran dengan sistem android terhadap kecemasan siswa (3) Melakukan desiminasi produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg&Gall (1979) dengan tahapan studi lapangan, perencanaan, pengembangan dan validasi model. Pada tahun kedua ini fokus pada validasi model kepada 100 siswa di SMP lingkungan kabupaten Jember. Desain validasi model tersebut menggunakan metode eksperimen untuk melihat efektivitas perangkat pembelajaran video games berbasis TN Baluran. Video game dengan tema yang dikembangkan melalui lingkungan sekitar siswa memberikan tingkat kenyamanan siswa dalam belajar sehingga siswa yang terbiasa dengan lingkungan tersebut, hal ini membuat tingkat kecemasan siswa rendah. Kecemasan siswa yang rendah dalam mengikuti proses pembelajaran memberikan hasil belajar yang lebih baik. Video game berbasis lingkungan sekitar ini mampu memperkecil gap yang timbul antara karakter pria dan wanita dalam hal pencapaian hasil belajar dan tingkat kecemasan siswa | en_US |
dc.description.sponsorship | Hibah Bersaing 2016 | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Hibah Bersaing;2016 | - |
dc.subject | Media Pembelajaran IPA | en_US |
dc.subject | Video Game | en_US |
dc.subject | Taman Nasional Baluran | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berpikir Kreati | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DENGAN VIDEO GAMES BERBASIS ASET TAMAN NASIONAL BALURAN DENGAN SISTEM ANDROID UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | LRR-Hibah Bersaing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
aBSTRAK_hIBER-rIF'ATI dIANA_fkip_2016.pdf | 231.04 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.