Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79609
Title: | PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA (STUDI PADA KELAS X MIA DI MAN 1 JEMBER) |
Authors: | SUDARTI INDRAWATI NODHOFA, Umi |
Keywords: | NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) METODE EKSPERIMEN PELAJARAN FISIKA |
Issue Date: | 10-Mar-2017 |
Series/Report no.: | 120210102078; |
Abstract: | Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah independent Sample T-test dengan berbantuan software SPSS 20. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil angket yang diisi oleh siswa setelah dilaksanakan semua proses pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen. Setelah data diuji diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.009. Berdasarkan analisis data motivasi belajar Sig. (1-tailed) sebesar 0.0045 atau 0.010<0.05. Hasil analisis data dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan, maka hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima, sehingga motivasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X. Data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil post-test siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau nilai Sig. < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA kelas X (Studi pada kelas X MIA di MAN 1 Jember), (2) Model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA kelas X (Studi pada kelas X MIA di MAN 1 Jember). |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79609 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Umi Nadhofa - 120210102078_.pdf | 3.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools