Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79607
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sutarto | - |
dc.contributor.advisor | Alex Harijanto | - |
dc.contributor.author | HANNA, DARYL | - |
dc.date.accessioned | 2017-03-09T08:18:14Z | - |
dc.date.available | 2017-03-09T08:18:14Z | - |
dc.date.issued | 2017-03-09 | - |
dc.identifier.nim | 090210102015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79607 | - |
dc.description.abstract | Fisika merupakan proses dan produk. Proses artinya prosedur untukmenemukan produk fisika (fakta, konsep, prinsip, teori atau hukum) yang dilakukanmelalui langkah-langkah ilmiah(Indrawati,2011:5).Upaya untuk meningkatkan hasilbelajar fisika adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah.Salah satu caranya yaitu dengan memvariasi model yang digunakan dalam prosesbelajar mengajar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu model pembelajaranyang sesuai dan dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan situasi dan kondisikelas yang kondusif agar proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai dengantujuan yang diharapkan.Model yang diterapkan diharapkan dapat mengembangkan,dan menggali pengetahuan siswa, serta menyadarkan siswa tentang fakta-fakta yangada dalam lingkungan siswa untuk dikaitkan dengan konsep dalam pembelajaranfisika. Dengan demikian perlu dikembangkan model pembelajaran tema konsep untukmemecahkan masalah tersebut. Model pembelajaran tema konsep menggunakanmedia “masalah pokok” (berupa istilah, cerita dan gambar) sebagai kejadian rill yangdapat difungsikan sebagai pemicu proses pembelajaran fisika yang didalamnyamemuat berbagai materi atau konsep fisika yang akan dibahas. Selain menggunakanmodel pembelajaran, diperlukan juga suatu mediayangdapat menunjang kegiatan pembelajaran, salah satu media yang dapat digunakanadalah media gambar.Perpaduan media gambar dengan model pembelajaran akanmenjadikan siswa aktif ketika pembelajaran berlangsung dan diharapkan mampumeningkatkan hasil belajar fisika siswa.Media gambar yang digunakan dalam prosespembelajaran selain bertujuan untuk menarik perhatian dan membangkitkan semangatsiswa juga berfungsi untuk memudahkan komunikasi yang sulit dibayangkan olehsiswa terhadap suatu konsep atau materi, sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif.Maka rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti adalah: (1)Bagaimanaaktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajarantemakonsep disertai mediagambar pada pembelajaran fisika di SMA?,(2)Adakah pengaruhyang signifikanmodel pembelajaran temakonsep disertai media gambar terhadap hasil belajar siswapada pembelajaran fisika di SMA?.Tempat penelitian ditentukan menggunakan carapurposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan ujihomogenitas dengancaracluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan diSMANegeri 1 Pakong.Jenisdesain yang digunakan adalahcontrolgroup post- testonly design. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 kali pembelajaran. Metodepengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,dokumentasi,wawancara,dan tes.Analisis datauntuk aktivitas dan hasil belajar menggunakanuji-t subyekberhubungan(Independent samples t-test).Kelas eksperimen yang diberi perlakuanberupa model tema konsep memiliki peningkatan persentase rata-rata aktivitasbelajar siswa pada pertemuan pertama (73,18%)dan aktivitas belajar siswa padapertemuan kedua (78,35%). Secara keseluruhan,persentase rata-rata aktivitas belajarsiswa kelas eksperimen selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajaran tema konsep disertai media gambar adalah sebesar 75,77% dantergolong dalam kategori aktif.Sehingga hasil belajar dengan menggunakan uji-tnilairata-rata post-test siswa kelas eksperimen 68,10 lebih baik dibandingkan kelaskontrol 53,62. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan daripenelitian ini adalah:(1)Aktivitas belajar siswa menggunakanmodel pembelajarantemakonsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di SMA pada pokokbahasan teori kinetik gas adalah sebesar 75,77% termasuk dalam kategori aktifkarena berada pada rentang 60%-80%.(2)Modelpembelajarantema konsepdisertaimedia gambarberpengaruhsignifikanterhadap hasil belajar siswa padapembelajaranfisika yaitu hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tema konsep lebihbaik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Media gambar | en_US |
dc.subject | Fisika | en_US |
dc.subject | Kinetik Gas | en_US |
dc.title | MODEL PEMBELAJARAN TEMAKONSEP DISERTAI MEDIA GAMBARPADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Pokok Bahasan Pada:Teori Kinetik Gas) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DARYL HANNA_1.pdf | 809.54 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools