Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79580
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Suratno | - |
dc.contributor.advisor | Wahono, Bevo | - |
dc.contributor.author | Hiasrofi, Aunurrofiqi | - |
dc.date.accessioned | 2017-03-09T03:53:48Z | - |
dc.date.available | 2017-03-09T03:53:48Z | - |
dc.date.issued | 2017-03-09 | - |
dc.identifier.nim | 120210103015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79580 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara pada bulan Januari 2016 dengan guru dan siswa mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Jember. Berdasarkan nilai ujian semester gasal, siswa kelas VII C memiliki ratarata nilai kelas terendah yaitu 53,26. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, motivasi siswa juga masih rendah karena siswa pasif; tidak ada respon timbal balik dari penjelasan guru oleh siswa; hanya siswa tertentu yang menjawab pertanyaan guru; terdapat siswa yang tidur-tiduran, bermain, dan mengobrol dengan teman sebangkunya; serta banyaknya siswa yang lupa dengan isi materi sebelumnya. Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penerapan model pembelajaran MASTER dengan metode pictorial riddle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA Biologi pokok bahasan ekosistem siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Jember melalui penerapan model pembelajaran MASTER dengan metode pictorial riddle. Motivasi siswa diukur dengan pemberian angket ARCS pada pra siklus dan siklus II. Hasil yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan motivasi ARCS. Hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes tulis dalam bentuk objektif dan subjektif yang memiliki aspek C1-C4 yaitu aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Hasil belajar ranah afektif diukur menggunakan rubrik penilaian afektif. Hasil belajar psikomotor diukur menggunakan rubrik penilaian psikomotor. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan membandingkan hasil pra siklus, siklus I, dan siklus II. Analisis motivasi siswa terdiri atas aspek attention (perhatian), relevance (keterkaitan), confidence (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan). Berdasarkan nilai yang didapat pada pra siklus dan siklus II diketahui peningkatan aspek perhatian sebesar 7,33 (35,70%); aspek keterkaitan 9,61 (53,57%); aspek percaya diri 8 (38,46%); aspek kepuasan 10,06 (54,14%). Peningkatan rata-rata seluruh aspek motivasi dari pra siklus ke siklus II sebesar 8,75 dengan persentase sebesar 44,96%. Analisis hasil belajar IPA Biologi siswa ranah kognitif, ketuntasan hasil belajar klasikal pra siklus sebesar 0%; siklus I 36,11%; dan siklus II 83,33%. Rata-rata nilai kelas mengalami peningkatan. Rata-rata nilai kelas pra siklus sebesar 53,26; siklus I 68,83; dam siklus II 84,25. Dari ketiga nilai tersebut diketahui bahwa peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus I sebesar 15,57 dengan persentase 29,23%; siklus I ke siklus II sebesar 15,42 dengan persentase 22,40%; dan pra siklus ke siklus II sebesar 30,99 dengan persentase 58,19%. Analisis hasil belajar IPA Biologi siswa ranah afektif terdiri atas empat aspek, yaitu tanggung jawab, aktif bertanya dan mengeluarkan pendapat, kerja sama, dan disiplin. Berdasarkan nilai yang didapat pada siklus I dan siklus II diketahui peningkatan aspek disiplin sebesar 26,46 (49,63%); aspek tanggung jawab 29,08 (56,14%); aspek kerja sama 24,61 (44,91%); aspek aktif bertanya dan mengeluarkan pendapat 29,44 (64,10%). Peningkatan rata-rata seluruh aspek hasil belajar afektif dari siklus I ke siklus II sebesar 27,40 (53,24%). Analisis hasil belajar IPA Biologi siswa ranah psikomotor terdiri atas dua aspek. Berdasarkan nilai yang didapat pada siklus I dan siklus II diketahui peningkatan aspek persiapan alat dan bahan sebesar 42,73 (90,97%); aspek pengamatan dan identifikasi 32,17 (57,38%). Peningkatan rata-rata seluruh aspek hasil belajar psikomotor dari siklus I ke siklus II sebesar 37,46 dengan persentase 72,72%. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Pembelajaran MASTER | en_US |
dc.subject | Pictorial Riddle | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VII C SMP Negeri 6 Jember) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Aunurrofiqi Hiasrofi_1.pdf | 5.88 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools