Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79573
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA
Authors: MAHARDIKA, I Ketut
HARIJANTO, Alex
WULANSARI, Rizqi
Keywords: GUIDED DISCOVERY
KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI
Issue Date: 9-Mar-2017
Series/Report no.: 120210102072;
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah pertama mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan representasi verbal fisika siswa di SMA. Kedua mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa di SMA. Ketiga mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan representasi gambar fisika siswa di SMA. Keempat mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa di SMA. Kelima mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri Pakusari. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kontrol.. Desain penelitian menggunakan post-test only control group. Nilai kemampuan multirepresentasi diperoleh dari post-test dan aktivitas belajar siswa diperoleh dari obeservasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis pada empat kemampuan representasi siswa didapatkan bahwa keempat representasi yaitu representasi verbal, matematik, gambar dan grafik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian didapatkan empat representasi yang memiliki nilai signifikansi (p) ≤ 0,05, sehingga model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi fisika siswa SMA Negeri Pakusari. Berdasrkan hasil analisis pada aktivitas belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari taraf nyata (α) 0,05. Hasil analisis tersebut menunjukkan nilai ratarata aktivitas kelas eksperimen lebig baik dari keas kontrol, sehingga model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika siswa SMA Negeri Pakusari. Berdasarkan hasil analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan representasi verbal fisika siswa di SMA. Model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa di SMA. Model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan representasi gambar fisika siswa di SMA. Model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa di SMA. Selain itu, model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79573
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rizqi Wulansari - 120210102072_.pdf1.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools