Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79572
Title: PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKAN ASSURE
Authors: RIYATI
Keywords: BLENDED LEARNING
PEMBELAJARAN SEJARAH
ASSURE
Issue Date: 9-Mar-2017
Series/Report no.: 140220303012;
Abstract: Berdasarkan pembahasan mengenai pengembangan model pembelajaran Blended Learning maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hasil validasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli bahasa memberikan hasil yang sangat baik walaupun ada beberapa revisi untuk perbaikan. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memiliki skor 104 dari skor maksimal 115. Hasil validasi untuk ahli Media pembelajaran memiliki skor 123 dari skor maksimal 135, sedakan hasil validasi untuk ahli desain pembelajaran dimana untuk ahli validasinya jadi satu dengan media pembelajaran memiliki skor 94 dari skor maksimal 100. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memiliki skor 45 dari skor maksimal 50. b. Pengembangan model pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran Sejarah SMA dengan menggunakan ASSURE mampu menunjang pembelajaran sejarah indonesia menjadi pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis dari uji coba lapangan yaitu untuk kelayakan sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan untuk analisis kepraktisan yaitu sebesar 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk uji efektifitas dapat dilihat dari hasil analisis pada uji coba lapangan dengan menggunakan uji t independent sample test yaitu P < 0,00; df = 32; t = -6,653, dengan selisih perbedaan antara pretest dan postest sebesar -6,27273. Nilai negatif pada selisih keduanya menunjukkan pretest lebih rendah daripada postest. Artinya dengan adanya pengembangan model pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan ASSURE telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 6,27273 dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79572
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RIYATI - 140220303012_.pdf892.89 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.