Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79556
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik-
dc.contributor.advisorRAHAYU-
dc.contributor.authorRIZQI, Risa Dwi Naila-
dc.date.accessioned2017-03-09T01:36:15Z-
dc.date.available2017-03-09T01:36:15Z-
dc.date.issued2017-03-09-
dc.identifier.nimNIM120210204075-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79556-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 03 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model Suharsimi Arikunto yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, tes, wawancara dan dokumen. Rata-rata ketercapaian aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi pada pra siklus menunjukkan persentase yaitu sebesar 48,4% (tergolong kategori cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 72,3 % (tergolong kategori aktif), dan pada siklus II meningkat menjadi 80,7% (tergolong kategori aktif). Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu sebesar 62,6% (tergolong kategori cukup baik), pada siklus I meningkat menjadi 73,4 % (tergolong kategori baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 81,3% (tergolong kategori sangat baik). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegalgede 03 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini adalah Pembelajaran IPS dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran siswa yang aktif dan kreaktif yang dapat diterapkan oleh guru untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204075;-
dc.subjectROTATING TRIO EXCHANGE (RTE)en_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN TEGALGEDE 03 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Risa Dwi Naila Rizqi - 120210204075_.pdf1.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools