Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79496
Title: PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SDN ANTIROGO 04 JEMBER
Authors: SUHARTININGSIH
YULIATI, Nanik
HAKIM, Lukman
Keywords: METODE DEMONSTRASI
KEMAMPUAN BERBICARA
Issue Date: 7-Mar-2017
Series/Report no.: 120210204108;
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran. Kekurangan yang ada pada siklus I yaitu pemilihan kata dan keberanian siswa dalam berbicara masih kurang. Pada siklus II guru melakukan tindakan perbaikan dengan menjelaskan hal-hal yang harus dikuasai saat berbicara. Guru memeberikan latihan-latihan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan metode demonstrasi adalah pada tahap prasiklus, siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 20 siswa dengan presentase 55,55%. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 26 siswa dengan presentase 72,22%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 31 siswa dengan presentase 86,11%. Saran bagi guru dan peneliti yang menerapkan metode demonstrasi, hendaknya benar-benar memahami kelemahan dan keberhasilan metode ini dalam setiap pembelajaran untuk dijadikan perbaikan dalam pembelajaran selanjutnya. Kepala sekolah hendaknya menginformasikan metode demonstrasi pada guru-guru untuk dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran bahasa Indonesia.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79496
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lukman Hakim - 120210204108_.pdf2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools