Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79484
Title: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Model Problem-Based Learning Untuk SMK Perkebunan Bertemakan Kopi Dan Kakao.
Authors: Murtikusuma, RP
Keywords: LKS
Problem-Based Learning
Kopi dan Kakao
Issue Date: 7-Mar-2017
Series/Report no.: Hibah Dosen Pemula;2016
Abstract: LKS dalam penelitian ini dikembangkan dengan berbasis model Problem-Based Learning (PBL). PBL adalah sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk menyelidiki permasalahan yang dihadapi dengan mengembangkan daya nalar khususnya dalam bidang studi matematika, dengan guru hanya berperan sebagai fasilitator. Penerapan pembelajaran model PBL sangat erat kaitannya dengan masalah praktis salah satunya tentang masalah kopi dan kakao. Tema kopi dan kakao merupakan salah satu dari tujuh riset unggulan Universitas Jember karena berada di wilayah potensial perkebunan kopi, dan memiliki rekam jejak yang baik dalam pengajaran bidang perkebunan. Oleh karena itu perlu ada pengembangan bahan ajar dimulai dari sekolah-sekolah menengah yang bertemakan kopi dan kakao, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Perkebunan di Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS dengan model ProblemBased Learning untuk SMK Perkebunan bertemakan kopi dan kakao yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu: (i) Penelitian Awal (Preliminary Research), (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase), dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Kedua jenis data, kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari validator, praktisi maupun siswa serta catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi, skor pada lembar observasi, skor hasil TPBA dan lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah skor hasil validasi LKS dan lembar TPBA yang memenuhi kriteria valid, skor observasi aktivitas guru yang memenuhi kriteria praktis, serta skor TPBA, skor observasi aktivitas siswa, dan respon siswa yang memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data, dapat disimpulkan LKS matematika model Problem-Based Learning untuk SMK jurusan perkebunan bertemakan kopi dan kakao pada penelitian ini memiliki kriteria valid, efektif dan praktis, sehingga produk pengembangan sudah dapat digunakan untuk praktek pembelajaran maupun penelitian lanjutan.
Description: FKIP Universitas jember Jl. Kalimantan 37 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79484
Appears in Collections:LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK_DP_Randi Pratama M_2016_FKIP.pdf8.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.