Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79469
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUHARTININGSIH-
dc.contributor.advisorKHUTOBAH-
dc.contributor.authorSUSANTO, Hari Priyo-
dc.date.accessioned2017-03-07T01:26:58Z-
dc.date.available2017-03-07T01:26:58Z-
dc.date.issued2017-03-07-
dc.identifier.nimNIM120210204147-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79469-
dc.description.abstractSubjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Antirogo 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral hopkins. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan , penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses penerapan metode demonstrasi pada siklus I berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran. Kekurangan yang ada pada siklus I yaitu pemilihan kata dan keberanian siswa dalam berbicara masih kurang. Pada siklus II guru melakukan tindakan perbaikan dengan menjelaskan hal-hal yang harus dikuasai saat berbicara. Guru memeberikan latihan-latihan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan metode sosiodrama. Pada tahap prasiklus, siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 20 siswa dengan presentase 57,15%. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 25 siswa dengan presentase 71,42%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 32 siswa dengan presentase 91,42%. Saran bagi guru dan peneliti yang akan menerapkan metode sosiodrama, hendaknya benar-benar memahami kelemahan dan keberhasilan metode ini dalam setiap pembelajaran untuk dijadikan perbaikan dalam pembelajaran selanjutnya. Kepala sekolah hendaknya menginformasikan metode sosiodrama pada guru-guru untuk dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran bahasa Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204147;-
dc.subjectMETODE SOSIODRAMAen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERBICARAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V DI SDN ANTIROGO 04 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hari Priyo Susanto - 120210204147_.pdf1.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools