Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79466
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLATHIEF, Misno A.-
dc.contributor.advisorKHUTOBAH-
dc.contributor.authorRISQIYAH, Hafidhatur-
dc.date.accessioned2017-03-07T01:08:59Z-
dc.date.available2017-03-07T01:08:59Z-
dc.date.issued2017-03-07-
dc.identifier.nimNIM120210205070-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79466-
dc.description.abstractBerdasarkan latar belakang yng telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al- Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016? ; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B2 melalui kegiatan bermain di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain balok yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al- Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016; (2) meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan bermain balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Kemmis dan MC Taggart. Metode pengumpulan data yng digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dilaksanakan dalam 2 siklus. Melalui kegiatan bermain balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan. Penerapan bermain balok dalam meningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Ilmu Al-Quran Sempusari Kaliwates Jember dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilasanakan didalam kelas dengan 3 kelompok sesuai warna bangku dan untuk menyusun balok tidak di waktu. Anak di ajak untuk menentukan warna balok, bentuk balok, menyebutkan bagian-bagian dari bangunan yang di susun, menyebutkan kembali benda-benda yang baru saja dilihat sedangkan pada siklus II dilaksanakan di dalam kelas dengan 3 kelompok sesuai warna bangku, anak diminta kurang lebih dari 5 menit untuk menyusun balok menjadi bangunan rumah agar mendapat nilai bintang 4. Anak di ajak untuk menentukan warna balok, bentuk balok, menyebutkan bagian-bagian dari bangunan yang di susun, menyebutkan kembali benda-benda yang baru saja dilihat, serta anak di ajak menyanyikan lagu bentuk besertagerakannya. Peningkatan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain balok anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 42,75, pada siklus I meningkat menjadi 69, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 86. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain balok, maka hasil dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: Proses kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dapat diterapkan melalui pembelajaran dengan bermain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210205070;-
dc.subjectKEMAMPUAN KOGNITIF ANAKen_US
dc.subjectBERMAIN BALOKen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hafidhatur Risqiyah - 120210205070_.pdf1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools