Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79464
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, GAMBAR, MATEMATIS, GRAFIK, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA |
Authors: | MAHARDIKA, I Ketut GANI, Agus Abdul YUWONO, Galih Rinekso |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL |
Issue Date: | 7-Mar-2017 |
Series/Report no.: | 120210102093; |
Abstract: | Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dengan menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan nilai n-gain diperoleh bahwa kemampuan representasi verbal, gambar, matematis, dan grafik adalah -4,17, -5,37, 15,56, 9,57. Dan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,12 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh angka 60,73. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi verbal siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (2) Kemampuan representasi gambar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (3) Kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami peningkatan, (4) Kemampuan representasi grafik siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami peningkatan, (5) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hassil belajar siswa di SMA |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79464 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Galih Rinekso Yuwono - 120210102093_.pdf | 1.73 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools