Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79331
Title: STRATEGI PEMBERDAYAAN PETANI SINGKONG DAN PENGUSAHA TAPE MELALUI KEBIJAKAN REGULASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BONDOWOSO
Authors: Riawati, Nian
Keywords: singkong
pemberdayaan masyarakat
deskriptif kualitatif
Issue Date: 27-Feb-2017
Abstract: Strategi pemberdayaan masyarakat tape dapat dilakukan melalui regulasi kebijakan Pemerintah daerah Bondowoso. beberapa masalah yang terjadi seperti pertama, penurunan Produksi Singkong yang disebabkan banyaknya petani singkong beralih pada komoditas lainnya seperti kopi atau jagung. Kedua, corak pertanian petani Singkong yang masih tradisional. Ketiga, minimnya keterampilan (life skill) yang dimiliki oleh petani singkong. Keempat, ketidakstabilan harga singkong menyebabkan petani Singkong mengalami kerugian. Kelima, kesulitan akses modal dan pasar. Sehingga diperlukan campur taangan pemerintah : pertama, membuat regulasi dengan melakukan proteksi terhadap daerah pertanian singkong dan melindungi industri tape mulai hulu hingga hilir. Kedua, Membuat lembaga penelitian dan pengembangan produk singkong Ketiga, memberikan Melakukan pembimbingan dan peningkatan keahlian (life skill) pengrajin olahan tape dan memberikan bantuan tekhnologi tepat guna (modernisasi peralatan pertanian). Keempat, regulasi terkait kontrol harga dasar Singkong. Kelima, memberikan kemudahan dalam permodalan dan akses pasar.
Description: Prosiding Kolokium FISIP Universitas Jember 2016, dengan tema “Pemberdayaan dan Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah dan Desa”
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79331
ISBN: 978-602-1194-81-2
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. Cover.pdf466.78 kBAdobe PDFView/Open
53-65_1.pdf491.06 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.